Bola Internasional

GBK Dipakai Konser Raisa dan Blackpink Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Peringati Soal Rumput

Jumat, 10 Februari 2023 15:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Official training Timnas Indonesia jelang laga ketiga fase grup Piala AFF 2022 melawan Thailand di stadion GBK, Rabu (28/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Official training Timnas Indonesia jelang laga ketiga fase grup Piala AFF 2022 melawan Thailand di stadion GBK, Rabu (28/12/22).

INDOSPORT.COM - Panitia lokal Piala Dunia U-20 2023 menjelaskan sudah berkomunikasi dengan FIFA soal Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta yang dipakai untuk dua konser musik yakni Raisa dan Blackpink jelang Piala Dunia U-20.

Sebagai informasi, awalnya FIFA mengimbau agar lima stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023 harus steril enam bulan sebelum kejuaraan.

Tujuannya agar tidak terjadi kerusakan, terutama pada rumput, meski  regulasi FIFA (penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023) yang diterbitkan pada Oktober 2022, disebutkan bahwa penutupan venue wajib dilakukan 14 hari sebelum kejuaraan mulai bergulir.

Dalam waktu dekat GBK akan dipakai untuk konser Raisa pada 25 Februari, lalu konser Blackpink digelar 11-12 Maret 2023.

Ketua Panitia Lokal Piala Dunia U-20, Maaike Ira Puspita menjelaskan terus berkomunikasi dengan FIFA dan pengelola GBK agar memperhatikan detail pemakaian stadion. FIFA disebut memberi penekanan terkait kondisi rumput.

"Sebenarnya kalau untuk itu kami sudah komunikasi terus. Kami punya working grup antara LOC dengan pihak stadion manajer. Selain itu, kami juga komunikasi terus dengan FIFA. Jadi, terkait kegiatan apa pun itu kami laporkan," tuturnya.

"Memang ada masukan-masukan dan itu juga sudah kami komunikasikan dengan pihak stadion," imbuhnya.

Maaike mengatakan penggunaan GBK untuk konser musik sudah dibicarakan sejak awal tahun ini. Pengelola GBK terus diingatkan untuk melakukan cover pada rumput sehingga tidak terjadi kerusakan.