Liga Indonesia

Absen Bela PSIS Semarang dalam 4 Laga di Liga 1, Ini Penjelasan Cedera Carlos Fortes

Minggu, 12 Februari 2023 20:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bomber asal Portugal, Carlos Fortes, ternyata mengalami cedera pada otot bicep femoris. Cedera itu memaksanya absen minimal empat laga di Liga 1 2022/2023.

Carlos Fortes memiliki harapan besar untuk tampil ganas lagi di putaran kedua, setelah periode sulit cedera hamstring sepanjang putaran pertama bersama PSIS Semarang.

Momentum yang dinanti seolah sudah tiba ketika Carlos Fortes mencetak gol pertama musim ini. Fortes mencetak gol saat membawa PSIS menang 1-0 atas RANS Nusantara FC di Bogor pada 16 Januari 2023 lalu.

Namun, momentum itu kembali hilang setelah Fortes mengalami cedera dalam laga pekan ke-22 melawan Persik Kediri pada 4 Februari 2023.

Dalam laga itu, Fortes harus meneteskan air mata ketika mengakhiri laga lebih cepat. Ternyata, setelah dilakukan observasi dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI), cedera Fortes cukup serius.

Fortes mengalami cedera pada otot bisep femoris atau salah satu otot pembentuk grup otot hamstring. Otot bisep femoris Fortes mengalami sobekan.

"Kami melakukan MRI dan konsultasi dengan dokter spesialis ortopedi beberapa hari yang lalu, dokter sampaikan ada sobekan di otot bicep femoris kaki kanan," ucap fisioterapis PSIS, Sigit Pramudya, Sabtu (11/2/23)

Sebagai tindakan awal, Sigit menjelaskan Fortes mendapat suntikan injeksi platelet rich plasma (PRM). Suntikan itu merupakan salah satu terapi biologis untuk menghilangkan rasa nyeri dan meningkatkan kembali fungsi otot.

"Dokter memberikan tindakan berupa injeksi PRP, setelah itu Fortes harus istirahat total selama beberapa minggu pasca cedera agar proses penyambungan atau recovery berjalan dengan baik," jelas Sigit.

Setelah menjalani istirahat total, tahap selanjutnya adalah program penguatan bersama fisioterapi. Pada tahap ini Fortes akan menjalani fase penguatan serta tes fungsional.

Tes ini akan menentukan tahapan pemulihan cedera Fortes, apakah benar-benar hanya absen empat pertandingan atau lebih lama lagi.

"Jika hasil tes bagus maka akan dilanjutkan oleh physical coach untuk meningkatkan kondisi fisiknya pada level siap untuk pertandingan," ucap Sigit.