Liga Inggris

5 Klub dengan Tagihan Gaji Terbesar di Musim 2022-2023

Senin, 13 Februari 2023 21:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Reuters/Ed Sykes
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah saat melepaskan tendang ke gawang Wolves di Liga Inggris. Copyright: © Reuters/Ed Sykes
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah saat melepaskan tendang ke gawang Wolves di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Klub-klub ternama dunia memiliki banyak pemain bintang yang menuntut gaji yang sama mahalnya. Bahkan, ada klub yang menghabiskan dana lebih dari Rp10 triliun per pekannya untuk menggaji pemainnya.

Sepak bola sendiri, khususnya di Eropa, tidak hanya sekadar menjadi klub sepak bola. Tetapi, telah menjadi ladang bisnis bagi pemain dan petinggi klubnya.

Klub-klub raksasa seperti Manchester United hingga Real Madrid tentu ingin menjadikan klubnya sebagai klub terbaik, salah satunya merekrut pemain terbaik.

Akan tetapi, ada harga mahal yang harus ditebusnya, yakni tingginya gaji para pemain. Inilah pengorbanan klub jika ingin terus bersaing di papan atas.

Untuk mengetahuinya, berikut lima klub dengan tagihan gaji terbesar di musim 2022-2023 ini.

Liverpool - 434 juta euro

Liverpool masuk ke lima besar berkat kontrak mewah yang telah ditawarkan para pemainnya selama beberapa tahun terakhir.

Beberapa pemain bintangnya punya gaji besar, seperti Mohamed Salah sebesar 350 ribu euro dan Virgil van Dijk yang sebesar 220 ribu euro per pekannya.

Belum lagi, The Reds juga masih punya Roberto Firmino, Trent Alexander-Arnold, Darwin Nunez, dan Alisson Becker.

Tak heran jika Liverpool harus mengeluarkan dana hingga 434 juta euro, atau senilai Rp7,06 triliun untuk menggaji para pemainnya.