Bola Internasional

Jakub Jankto dan 4 Pesepakbola yang Mengaku Gay, Ada Veteran Pildun hingga Putra Legenda Liverpool!

Selasa, 14 Februari 2023 23:20 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© INDOSPORT
Pemain internasional Republik Ceko, Jakub Jankto, pada Senin (13/02/23) lalu menggemparkan dunia dengan secara terbuka mengakui jika adalah seorang gay. Copyright: © INDOSPORT
Pemain internasional Republik Ceko, Jakub Jankto, pada Senin (13/02/23) lalu menggemparkan dunia dengan secara terbuka mengakui jika adalah seorang gay.

INDOSPORT.COM - Pemain internasional Republik Ceko, Jakub Jankto, pada Senin (13/02/23) lalu menggemparkan dunia dengan secara terbuka mengakui jika adalah seorang gay.

Pengakuan bahwa ia berorientasi seksual pada sesama jenis dilakukannya lewat media sosial dan menyerap atensi yang luar biasa besar.

"Hai, saya Jakub Jankto dan seperti semua orang saya memiliki kekuatan, kelemahan, keluarga, teman, dan sebuah pekerjaan yang sudah saya jalani dengan tekun, serius, profesional, dan dedikasi selama bertahahun-tahun," ucap Jankto.

"Layaknya semua oran, saya juga ingin hidup dalam kebebasan tanpa rasa takut, penghakiman, dan kekerasan tapi dengan cinta. Saya seorang homoseksual dan itu tidak bisa saya sembunyikan lagi," sambungnya.

Apa yang dilakukan Jankto memang mengejutkan namun di saat bersamaan juga tidak. Sepakbola, layaknya semua olahraga dan pekerjaan, punya banyak pelaku dari berbagai latar belakang termasuk kaum gay atau homoseksual.

Hanya saja tidak semua dari mereka mau untuk terbuka soal orientasi seksual. Selain Jakub Jankto yang pernah berbaju Udinese, Sampdoria, Getafe, dan kini Sparta Praha itu hanya segelintir yang berani mengaku terutama saat masih aktif bermain.

Pada 2017 lalu David Haigh sebagai pengacara asal Inggris bersaksi pada Mirror jika setidaknya 20 pemain di dua kasta teratas Liga Inggris, Premier League dan Championship, tertarik pada laki-laki secara seksuil.

Haigh tahu soal statistik tersebut karena ia pun saat itu bekerja sebagai direktur untuk Leeds United dan seorang gay terbuka. "Mereka semua masih aktif bermain namun saya tidak mau menyebutkan siapa saja," ungkap pria kelahiran Manchester, Inggris, tersebut dengan alasan privasi.

Sebenarnya fenomena pesepakbola yang mengaku gay bukan kali pertama ini terjadi. Sebelum Jakub Jankto, sudah banyak yang melakukan hal serupa lebih dulu.

Bahkan beberapa dari mereka punya reputasi dan imbas yang lebih besar untuk kultur sepakbola maupun komunitas LGBT. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.