In-depth

Investor Qatar vs Sir Jim Ratcliffe, Siapa Paling Kaya dan Layak Beli Manchester United?

Sabtu, 18 Februari 2023 14:34 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliff tertarik mengakuisisi Manchester United. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images. Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliff tertarik mengakuisisi Manchester United. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, belakangan tengah santer dikaitkan dengan investor Qatar, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani.

Bahkan, belum lama ini pihaknya disebut-sebut sudah melempar penawaran untuk mengakuisisi Manchester United dari tangan Keluarga Glazer senilai 5 miliar (euro/poundsterling).

Seperti diwartakan laman BBC, konsorsium Sheikh Jassim menjamin bahwa penawaran yang mereka kemukakan akan berstatus debt free alias bebas dari utang.

Dalam laporan tersebut juga diungkapkan bahwa Nine Two Foundation siap berinvestasi di klub sepak bola termasuk infrastruktur dan sarana penunjang kegiatan mereka.

“Bidding ini ditujukan untuk mengembalikan klub ke kejayaannya,” demikian bunyi pernyataan dari konsorsium Sheikh Jassim dikutip dari BBC.

“Bidding ini akan bersifat debt free melalui Nine Two Foundation yang ingin berinvestasi di klub sepak bola, training centre, stadion, dan infrastruktur-infrastruktur lainnya.”

Selain itu, pihak konsorsium juga ingin mengembangkan klub jauh lebih baik lagi melalui peningkatan fan experience dan dukungan untuk komunitas suporter.

Kabar tentang tertariknya investor Qatar ini pun menambah ‘panas’ persaingan dengan bos Ineos, Sir Jim Ratcliffe, yang juga ingin membeli Manchester United.

Kubu Sir Jim Ratcliffe sendiri bukan ‘pemain’ baru di dunia investasi olahraga, mengingat mereka juga sudah berpengalaman dengan OGC Nice (Prancis) dan Lausanne (Swiss).

Tidak ayal, pertarungan antara Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe ini pun mencuri perhatian penikmat Liga Inggris di seluruh dunia termasuk fans Manchester United.