Bola Internasional

J1 League 2023 yang Kembali Bergemuruh Pasca Larangan Bernyanyi di Stadion Dicabut

Sabtu, 18 Februari 2023 04:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Subhan Wirawan
© Dok. J-League
Pecinta sepak bola di Jepang sepertinya sudah bisa meluapkan rasa sukanya dalam menyaksikan sepak bola. Yakni J1 League musim 2023 sudah resmi bergulir. Copyright: © Dok. J-League
Pecinta sepak bola di Jepang sepertinya sudah bisa meluapkan rasa sukanya dalam menyaksikan sepak bola. Yakni J1 League musim 2023 sudah resmi bergulir.

INDOSPORT.COM - Pecinta sepak bola di Jepang sepertinya sudah bisa meluapkan rasa sukanya dalam menyaksikan sepak bola. Yakni J1 League musim 2023 sudah resmi bergulir.

Ya, J1 League 2023 memang sudah bergulir dengan langsung mempertandingkan Derby Kanagawa antara Kawasaki Frontale menjamu Yokohama F. Marinos. Laga ini sendiri berlangsung di Stadion Kawasaki Todoroki.

Akan tetapi rasa bangga para pecinta sepak bola di Jepang tak hanya dengan bergulirnya kembali J1 League 2023. Namun kini mereka sudah bisa bernyanyi, ber yel-yel memberikan dukungan kepada tim kesayangannya bertanding.

Hal ini tak lepas dari setelah liga mencabut moratorium nyanyian dan nyanyian yang bertujuan menghentikan penyebaran COVID-19.

Dengan dicabutnya moratorium ini membuat suporter sudah bisa bernyanyi lantang meski masih di balik masker mereka. Meski begitu, suara mereka terdengar jelas saat mendukung Kawasaki Frontale atau Yokohama F Marinos.

Tentu dengan hal ini membuat aroma persaingan J1 League semakin terasa dengan nyanyian dari para suporter saat memberikan dukungan.

Jalannya pertandingan sendiri berlangsung seru dan sengit. Pasukan Kevin Muscat memimpin setelah memanfaatkan blunder yang merugikan kiper Kawasaki Jung Sung Ryong pada menit keempat. 

Pencetak gol Yokohama F Marinos, Misimura menilai kemenangan ini berkat kerjasama dan bisa menjalankan formasi yang diinginkan oleh pelatih.

"Kami memenangkan kembali penguasaan bola di area yang kami incar, dan itu berhasil dengan baik," kata Nishimura, selepas laga.

Kawasaki Frontale sendiri memberikan perlawanan sengit. Mereka terus berupaya mencari gol demi menahan imbang atau bahkan meraih kemenangan. Sayang usaha mereka hanya menghasilkan satu gol.

Meskipun menyesali keterlambatan, Muscat yang puas secara keseluruhan memuji timnya atas mentalitas dan permainan disiplin mereka.

"Datang dari rumah ke atmosfer yang mengintimidasi, tampil dan membawa permainan ke lawan, sangat fantastis," katanya. "Ini awal yang bagus, tapi kami harus pulih besok dan bersiap untuk pertandingan berikutnya."