Liga Indonesia

Gandeng Klub Top J-League Shonan Bellmare, ASIOP Buka Peluang Kirim Pemain ke Jepang

Sabtu, 10 Desember 2022 18:25 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Media ASIOP FC
ASIOP menjalin kerja sama strategis dengan klub elite Jepang, Shonan Bellmare. Copyright: © Media ASIOP FC
ASIOP menjalin kerja sama strategis dengan klub elite Jepang, Shonan Bellmare.

INDOSPORT.COM - Akademi sepak bola ternama Indonesia, ASIOP, resmi menjalin kerja sama dengan salah satu klub elite Liga Jepang (J-League), Shonan Bellmare.

Penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di ASIOP Training Ground, Sentul, Bogor, Sabtu (10/12/22).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Chairman ASIOP Ade Wellington dan Presiden ASIOP, Ade Prima Syarif, bersama Technical Director Shonan Bellmare, Kiyoshi Sekiguchi.

Manajemen ASIOP mengaku sangat senang bisa bekerja sama dengan Shonan Bellmare. Kerja sama ini tentu sangat bagus untuk ASIOP karena Jepang sekarang bukan hanya menjadi kiblat sepak bola Asia saja. 

Melainkan juga telah menjadi bagian penting sepak bola dunia dengan gaya sepak bola yang berbeda. Kerja sama ASIOP dan Shonan Bellmare berlangsung selama tiga tahun hingga 2025.

Ade Prima Syarif menjelaskan banyak aspek yang menjadi fokus kerja sama antara ASIOP dan Shonan Bellmare, salah satunya mengenai pengembangan dan pembinaan pemain muda serta peningkatan kualitas pelatih.

“Kerja sama ini meliputi beberapa hal terutama untuk membantu siswa-siswa ASIOP dan anak Indonesia bisa pentas di kancah internasional,” ucap Ade Prima Syarif.

"Setelah ini dari Shonan Bellmare akan mengundang anak-anak bertalenta dari ASIOP, khususnya anak-anak usia 16-17 tahun untuk bisa latihan di Jepang bersama klub Shonan Bellmare," cetusnya.

Selain itu, kerja sama ini juga meliputi pembinaan pelatih. Nantinya beberapa pelatih ASIOP akan dikirim ke Jepang untuk menambah ilmu kepelatihan dan pengalaman. 

"Kemudian kami juga mendapatkan undangan untuk mengikuti Turnamen Internasional Copa Bellmare yang diikuti 24 tim dari 16 negara pada Juni 2023,” tambah Ade Prima Syarif.

Di sisi lain, Chairman ASIOP, Ade Wellington, mengatakan kerja sama dengan Shonan Bellmare ini memperluas jaringan mereka ke beberapa klub dari sejumlah negara.

Sebelumnya, ASIOP telah bekerja sama dengan beberapa klub di Spanyol, yaitu UD Logrones, CP Villarrobledo, dan CD Polillas Ceuta, kemudian  akademi sepak bola asal Amerika Serikat, Brooklyn United.

“Kerja sama ini membuat ASIOP lebih banyak lagi membuka link dengan pihak di luar negeri. Bahkan, Shonan Bellmare juga akan menempatkan satu pelatihnya di ASIOP untuk berbagi ilmu kepelatihan kepada pelatih di ASIOP,” ucap Ade Wellington.