Formula 1

Mengingat Kembali Kecelakaan Tragis Romain Grosjean di F1 GP Bahrain

Rabu, 22 Februari 2023 23:01 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Hamad Mohammed - Pool/Getty Images
Momen kecelakaan Romain Grosjean di F1 GP Bahrain. Copyright: © Hamad Mohammed - Pool/Getty Images
Momen kecelakaan Romain Grosjean di F1 GP Bahrain.

INDOSPORT.COM - Balapan mobil tercepat paling bergengsi di dunia, F1, kerap menimbulkan insiden kecelakaan yang sangat mengerikan salah satunya adalah kecelakaan Romain Grosjean.

Formula 1 merupakan turnamen balap mobil bermesin jet sehingga disebut jet darat yang akan segera kembali memulai musim baru. 

F1 2023 akan dimulai tepat pada tanggal 5 Maret 2023 mendatang dengan GP pertama digelar di Bahrain International Circuit, Sakhir. 

Sebelum memulai kompetisi, seluruh tim saat ini tengah menjalani tes pramusim untuk mengetahui performa pembalap dan juga mobil tunggangannya.

Selain itu sebelum musim baru dimulai, F1 juga menggelar pameran baru-baru ini di Madrid, Spanyol. 

Menariknya, pameran kali ini bukan menunjukan salah satu mobil F1 terbaru tetapi justru mobil yang pernah mengalami insiden kecelakaan mengerikan.

Mobil yang dipamerkan adalah milik tim dari Hass ditunggangi oleh pembalap Romain Grosjean. Kecelakaan terjadi di F1 GP Bahrain pada 2020 lalu.

Pembalap Prancis itu berjuang melewati kobaran api untuk menyelamatkan diri dalam pelarian yang ajaib setelah mobil Haas-nya, dengan muatan bahan bakar penuh, jatuh pada lap pembuka di sirkuit Sakhir dan menembus penghalang logam.

Kecepatan terakhirnya yang tercatat sebelum menabrak penghalang adalah 221kph.

Sisa-sisa sasis, yang terbelah dua karena benturan, telah disimpan selama tiga tahun terakhir tetapi akan ditempatkan di ruang khusus berjudul 'survival' dengan rekaman kecelakaan yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Balapan mobil tercepat paling bergengsi di dunia itu, F1, memang kerap menimbulkan insiden kecelakaan yang sangat mengerikan salah satunya seperti yang dialami oleh Romain Grosjean. Seperti apa kronologinya saat itu?