Formula 1

5 Pembalap F1 yang Pernah Dilarang Balapan, Ada Michael Schumacher!

Selasa, 21 Februari 2023 19:58 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/GETTY IMAGES
Michael Schumacher Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/GETTY IMAGES
Michael Schumacher

INDOSPORT.COM - Larangan untuk balapan adalah hukuman terberat bagi seorang pembalap. Di sepanjang kariernya, terdapat sejumlah pembalap yang pernah menerima hukuman tersebut, bahkan Michael Schumacher sekalipun.

Hukuman tersebut bisa datang dari berbagai faktor. Namun, faktor terbesar umumnya datang dari gaya balapan yang terlalu agresif sehingga bisa membahayakan.

Saking membahayakannya, hukuman tersebut tidak hanya berupa larangan satu kali balapan saja, bahkan ada yang sampai dua atau tiga kali balapan.

Hukuman tersebut tidak tebang pilih, semua pembalap bisa mengalaminya, termasuk pembalap legendaris itu sendiri.

Untuk mengetahuinya, berikut lima pembalap F1 yang pernah dilarang untuk balapan.

Eddie Irvine (GP Brasil 1994)

Eddie Irvine selalu menjadi karakter yang menarik. Dia bertarung memperebutkan gelar di musim F1 1999 meski akhirnya kalah satu poin dari Mika Hakkinen.

Namun sebelum mencapai puncak kariernya, Eddie pernah berada di titik terendah dalam hidupnya. Salah satunya adalah episode di F1 GP Brasil 1994.

Pembalap asal Irlandia itu terlibat dalam kecelakaan empat mobil yang mengerikan. Insiden tersebut melibatkan Benetton dari Jos Verstappen dan McLaren dari Martin Brundle.

Eddie Irvine dinyatakan bersalah atas kecelakaan itu dan diganjar dengan larangan satu balapan karena mengemudi yang tidak bertanggung jawab.