In-depth

Mencari Pengganti Marselino Ferdinan di Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20, Ada 3 Kandidat

Jumat, 24 Februari 2023 22:06 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Bintang Timnas U-20, Marselino Ferdinan saat Lakoni Uji Coba di Turki Copyright: © PSSI
Bintang Timnas U-20, Marselino Ferdinan saat Lakoni Uji Coba di Turki

INDOSPORT.COM - Absennya Marselino Ferdinan membela Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2023, membuat pelatih Shin Tae-yong harus mencari pengganti yang bisa mengemban perannya. 

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, baru saja resmi mengumumkan 23 pemain yang akan dibawa ke Uzbekistan menjalani ajang tersebut.

Piala Asia U-20 2023 sendiri akan dimulai pada 01 Maret 2023 dengan menggelar empat pertandingan pembuka yakni Timnas Indonesia U-20 vs Irak, dan Australia vs Vietnam.

Selain Irak, ada tuan rumah Uzbekistan dan Suriah yang akan jadi lawan selanjutnya Timnas Indonesia U-20 di Grup A Piala Asia U-20 2023 bulan depan.

Sebanyak 23 pemain ini dipilih setelah menjalani pemusatan latihan sejak 1 Februari lalu dan mengikuti tiga uji coba internasional melawan Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala.

"Kami membawa dan memilih 23 pemain untuk mengikuti Piala AFC U-20 2023. Kami juga terus memperbaiki kekurangan yang ada di tim dan siap mengikuti turnamen tersebut. Untuk kondisi pemain hingga saat ini tidak ada masalah," kata Shin Tae-yong di Jakarta.

"Pada ajang ini kami tidak membawa Marselino Ferdinan. Dia akan bergabung pada April nanti saat pemusatan latihan persiapan Piala Dunia U-20 2023," tambahnya. 

Rombongan pemain dan ofisial Skuad Garuda Nusantara akan bertolak ke Uzbekistan pada Jumat (24/2/23) ini. Muhammad Ferarri dan kawan-kawan direncanakan akan memulai latihan perdana pada 26 Februari mendatang.

Namun kekuatan timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 disebut akan berkurang lantaran tidak ada satu pilar penting dia adalah Marselino Ferdinan.

Kepastikan itu disampaikan langsung oleh Shin Tae-yong. Pria asal Korea Selatan itu berujar kalau Marselino tidak dilepas oleh klubnya asal Belgia, KMSK Deinze. Tetapu diperbolehkan tampil di Piala Dunia U-20.

"Marselino tidak akan ikut di Uzbekistan. Marselino baru selesai bertanding dengan Deinze tanggal 8 April dan baru akan gabung Timnas [Indonesia U-20] tanggal 9 April sampai selesai Piala Dunia [U-20]," kata pria asal Korea Selatan itu.

Sejumlah nama pun digadang-gadang akan jadi pemain yang ditunjuk oleh Shin Tae-yong mengemban tugas dan peran Marselino Ferdinan di Piala Asia U-20 nanti. Siapa saja kandidatnya?