In-depth

3 Kekurangan di Timnas Indonesia U-20 yang Harus Diperbaiki Shin Tae-yong Sebelum Piala Asia U-20

Rabu, 22 Februari 2023 20:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Guatemala pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Selasa (21/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Guatemala pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Selasa (21/02/23).

INDOSPORT.COM - Performa timnas Indonesia U-20 masih kurang memuaskan di mini turnamen jelang Piala Asia U-20 karena masih banyak yang perlu diperbaiki.

Timnas Indonesia U-20 kembali harus meraih hasil buruk dalam turnamen mini melawan Guatemala U-20 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (21/02/23) kemarin.

Bermain di markasnya sendiri, Timnas Indonesia U-20 tunduk dengan skor tipis 0-1. Gol tunggal Guatemala dicetak oleh Jorge Abelardo di babak pertama.

Tepatnya pada menit ke-21.  Menyadari posisi kiper timnas Indonesia, Daffa Fasya terlalu maju, Jorge Abelardo melepaskan tembakan dari tengah lapangan dan bola masuk ke gawang Indonesia. 

Tertinggal satu gol, timnas Indonesia U-20 meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun mereka masih kesulitan menembus pertahanan Guatemala yang bermain sangat baik di laga ini.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong mengubah taktiknya dengan banyak memasukan pemain bertipe penyerang, demi mengejar ketertinggalan.

Di menit ke-58 Guatemala harus bermain dengan 10 pemain setelah Julio Fernando Garcia kedapatan menendang kepala Hokky Caraka. 

Sayang keunggulan jumlah pemain tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh timnas Indonesia U-20, skor 0-1 tidak berubah.

Dengan hasil ini, timnas Indonesia U-20 sudah dua kali menelan kekalahan pada turnamen mini yang diikuti juga oleh Selandia Baru dan Fiji.

Sebelumnya timnas Indonesia U-20 tumbang 1-2 dari Selandia Baru dan menang melawan Fiji dengan skor telak 4-0.

Catatan performa Skuad Garuda Muda di turnamen ini menjadi evaluasi bagi Shin Tae-yong terutama tiga hal yang menjadi sorotan ini.