Liga Indonesia

Liga 1: Dikalahkan Bali United, Pelatih Persis Solo Langsung Bicara VAR

Selasa, 28 Februari 2023 14:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, bicara soal VAR setelah timnya kalah dari Bali United. Foto: Persis Solo. Copyright: © Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, bicara soal VAR setelah timnya kalah dari Bali United. Foto: Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Leonardo Medina Arellano langsung bicara pentingnya Video Assistant Referee (VAR) bagi Liga 1 Indonesia setelah Persis Solo kalah dari Bali United 1-3, Senin (27/2/23).

Ada banyak keputusan yang dianggap mengganggu pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo tersebut.

Akan tetapi, Leonardo Medina tak menjelaskan keputusan-keputusan apa saja yang membuat Persis Solo kecewa berat pada sosok Yudi Nurcahya bersama empat asisten wasit.

Namun, kekecewan ini bisa jadi hadir, salah satunya karena gol yang dicetak Fernando Rodriguez dianulir.

Gol Fernando tak disahkan karena asisten wasit mengangkat bendera tanda offside, namun tidak jelas siapa yang dimaksud, apakah itu Fernando atau Jaimerson Xavier yang lebih dahulu menyundul bola.

"Kami sangat jujur bahwa liga ini perlu meningkatkan kualitas wasit apabila ingin berjalan dengan baik," kata Leonardo Medina usai pertandingan.

Leonardo juga melihat ada banyak kartu yang seharusnya didapat tim Bali United. Pasalnya, dari 22 pelanggaran yang terjadi dalam pertandingan, hanya sedikit kartu kuning saja yang diterima.

"Ada 22 pelanggaran dan hanya tiga (sebenarnya empat) kartu kuning," tutur Leonardo Medina Arellano, yang memastikan dirinya hanya menggarisbawahi kinerja wasit.

Saya tidak bicara tim Bali United, karena mereka bermain dengan baik, saya menyoroti kepemimpinan wasit yang saya rasa perlu peningkatan," katanya lagi.

Leonardo Medina kemudian bicara pentingnya penggunaan VAR untuk mendukung kinerja wasit dalam sebuah pertandingan Liga 1 2022/2023.