Liga Indonesia

Arkhan Fikri Dikritisi Pemandu Bakat Klub Rusia, Begini Pembelaan Shin Tae-yong

Minggu, 5 Maret 2023 20:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Winger Timnas Indonesia U-20 asal Arema Fc, Arkhan Fikri. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Winger Timnas Indonesia U-20 asal Arema Fc, Arkhan Fikri. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelandang timnas Indonesia U-20, Arkhan Fikri, dinilai tampil buruk saat melawan Suriah di laga kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Sabtu (4/3/23). 

Hal itu dikatakan Yuriy Keosidi selaku pemandu bakat dari klub Rusia, Dynamo Moskow. Dia datang menonton laga timnas U-20 vs Suriah bersama salah satu orang Indonesia, Arya Pradana.

Pasca-menyaksikan laga semalam, Yuriy menilai lini tengah Indonesia kurang greget karena hanya Achmad Maulana yang bekerja keras. Peran Arkhan Fikri tidak terlihat atau seolah tenggelam.

Akan tetapi, pendapat pemandu bakat Dynamo Moskow itu dikatakan tidak sepenuhnya benar oleh pelatih Shin Tae-yong. Arkhan Fikri disebut pemain penting bagi timnas Indonesia U-20.

"Semua punya pendapat masing-masing masing. Saya harap tak menilai dari satu laga saja," kata Shin Tae-yong di situs PSSI, Minggu (5/3/23).

"Tapi saya tahu Arkhan punya teknik bagus karena saya punya banyak waktu bersama dia. Saya yakin dia akan segera menunjukkan keajaibannya di lini tengah timnas U-20 dalam laga kontra Uzbekistan nanti," imbuhnya.

Duel melawan Uzbekistan menjadi laga hidup mati bagi timnas Indonesia. Pasalnya, itu menentukan langkah tim Merah Putih ke babak berikutnya.

Untuk laga lawan Uzbekistan, Shin Tae-yong masih merahasiakan pemain yang akan diturunkan. Tapi, kemenangan tentu menjadi keharusan jika ingin melaju ke perempat final Piala Asia U-20 2023.

"Saya belum punya jawaban untuk itu (mencadangkan Ronaldo Kwateh, Hugo Samir dan Hokky Caraka yang sudah kantongi satu kartu kuning)," pungkas Shin Tae-yong.