In-depth

Profil Daffa Fasya: Kiper Timnas Indonesia U-20 yang Lebih 'Kelas' dari Nadeo Argawinata

Minggu, 5 Maret 2023 09:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@PSSI
Berikut adalah profil Daffa Fasya Sumawijaya, kiper Timnas Indonesia U-20 yang disebut-sebut lebih 'kelas' daripada sosok Nadeo Argawinata. (Foto: Instagram@PSSI) Copyright: © Instagram@PSSI
Berikut adalah profil Daffa Fasya Sumawijaya, kiper Timnas Indonesia U-20 yang disebut-sebut lebih 'kelas' daripada sosok Nadeo Argawinata. (Foto: Instagram@PSSI)

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil Daffa Fasya Sumawijaya, kiper Timnas Indonesia U-20 yang disebut-sebut lebih 'kelas' daripada sosok Nadeo Argawinata.

Timnas Indonesia U-20 baru saja meraih kemenangan perdana mereka di Piala Asia U-20 2023, saat menghadapi Suriah, Sabtu (04/03/23), di Stadion Lokomotiv, Uzbekistan.

Gol kemenangan Indonesia tercipta pada menit ke-35. Hokky Caraka melakukan aksi brilian melalui situasi serangan balik, mencetak gol dengan menggunakan kaki kirinya.

Kemenangan ini memberikan asa bagi Timnas Indonesia untuk lolos fase grup. Setelah di laga pertama, Garuda Muda dijegal Irak dengan kekalahan 0-2.

Meski menang, bukan berarti Indonesia tidak terdesak. Suriah juga memberikan perlawanan yang sengit ke skuat Garuda.

Suriah bermain apik pada 30 menit pertama. Mereka mampu mencatatkan dua tembakan on target dari Mustafa Abdullatif (20') dan Elias Safar (24') ke gawang Daffa Fasya.

Memasuki babak kedua, Suriah langsung mencatat dua peluang terbaik. Hanya saja tendangan milik Hozan Osman (50') dan Mahmoud Al-Nayef (53') masih meleset.

Hingga menit akhir, pasukan Suriah terus memberi tekanan. Namun, Daffa Fasya tidak gentar di bawah mistar gawang, dan berhasil mencetak cleansheet di Piala Asia.

Selain Hokky Caraka yang disebut-sebut sebagai aktor pemenangan, sejatinya kiper Daffa Fasya Sumawijaya juga layak diberi penghargaan sebagai man of the match.

Penyelamatannya di bawah mistar gawang, berhasil menghindarkan Timnas Indonesia U-20 dari kekalahan. Berikut INDOSPORT merangkum profil Daffa Fasya.