Bola Internasional

Save Krusial Bawa Timnas Indonesia U-20 Menang Atas Suriah, Begini Respons Bijak Daffa Fasya

Minggu, 5 Maret 2023 05:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 sukses kalahkan Suriah dengan skor 1-0 di laga kedua Grup A Piala Asia U-20 2023, Sabtu (04/03/23) di Lokomotiv Stadium.

Satu-satunya gol Timnas Indonesia U-20 memang dicetak oleh Hokky Caraka pada menit ke-35. Tapi, penampilan kiper, Daffa Fasya saat melawan Suriah layak diacungi jempol.

Daffa Fasya tercatat melakukan setidaknya tiga kali penyelamatan krusial di laga ini. Pemain milik Borneo FC itu sigap dan cekatan mengamankan bola-bola yang mengarah ke gawang Indonesia.

Salah satu aksi penyelamatan paling heroik terjadi di menit ke-90+4. Ketika  lini pertahanan Indonesia gagal mengantisipasi umpan silang, Daffa berhasil memblok sundulan pemain Suriah. 

Kiper nomor punggung 22 itu pun bersyukur bisa membantu skuad Merah Putih amankan tiga poin. Kemenangan atas Suriah membuka peluang Indonesia di Piala Asia U-20 tahun ini, jdi Daffa tak lupa mengucapkan terima kasih atas berkat Tuhan Yang Maha Kuasa. 

"Alhamdulilah terima kasih ke Allah SWT kepada orang tua dan masyarakat Indonesia atas doa dan dukungannya," kata Daffa usai pertandingan.

"Alhamdulillah hari ini kita menang atas Suriah dengan skor 1-0. Pertandingan sangat seru, banyak jual beli serangan dan saya sangat bersyukur atas hasil pertandingan ini," imbuhnya.

Menyoal save krusial yang dilakukan, Daffa mengakui sempat melakukan kesalahan. Ia tidak maju lebih cepat, tapi beruntung bisa lakukan reflek bagus dan menepis bola sundulan lawan. 

"Sebenarnya save itu harusnya saya fokus. Dari tim pelatih sudah kasih tau dan itu membuat saya termotivasi dan harus makin fokus. Ada banyak juga kesalahan tadi yang harusnya saya perbaiki ke depan," tuturnya.