Liga Indonesia

Hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional: Format Liga Berubah, Ada Mini Turnamen Play-off!

Senin, 6 Maret 2023 09:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional telah diumumkan dalam sesi konferensi pers, Minggu (05/03/23) sore di mana ada banyak perubahan yang ditetapkan PSSI. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional telah diumumkan dalam sesi konferensi pers, Minggu (05/03/23) sore di mana ada banyak perubahan yang ditetapkan PSSI.

INDOSPORT.COM - Hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional telah diumumkan dalam sesi konferensi pers, Minggu (05/03/23) sore. Ada banyak perubahan yang ditetapkan PSSI.

Salah satu hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional yang dimumkan dalam konferensi pers, berkaitan dengan format kompetisi Liga 1.

Awalnya, PSSI menawarkan dua format Liga 1 2023-2024. Pertama, dengan pembagian tiga grup, dan kedua, menggunakan format kompetisi penuh seperti tahun sebelumnya.

Namun bedanya untuk format kompetisi penuh, bakal ada mini turnamen alias babak play-off antara empat tim teratas klasemen.

Setelah diskusi dengan tim, akhirnya format yang kedua dipilih, yakni kompetisi penuh dengan tambahan adanya putaran final untuk empat tim teratas klasemen.

Salah satu perwakilan tim yang mengikuti diskusi penentuan format kompetisi Liga 1 saat Sarasehan Sepak Bola Nasional ialah Teddy Tjahjono dari tim Persib Bandung.

Teddy Tjahjono mengatakan bahwa format tersebut diputuskan setelah 18 klub peserta Liga 1 memilih antara dua opsi. Banyak tim yang tertarik dengan mekanisme play-off.

"Itu diskusi secara terbuka dan membahas secara terperinci, ide, mekanisme, dari opsi satu, yaitu pembagian tiga grup, termasuk semua tata cara, mekanisme, drawing, dan lain-lain," kata Teddy dalam konferensi pers.

"Kemudian juga terjadi pembahasan opsi dua, yaitu sistem full kompetisi dengan adanya empat besar dilakukan play-off lagi. Itu kami analisis bersama 18 klub dan PSSI."

"Terjadi diskusi yang menarik, sehingga perwakilan dari 18 klub bersepakat untuk memilih opsi dua, yaitu sistem full kompetisi dengan adanya babak play-off untuk empat besar."