Liga Indonesia

Tuai Kritikan, Manajemen Persib Tanggapi Aturan Baru Pemain Naturalisasi di Liga 1 23/24

Selasa, 7 Maret 2023 20:31 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/Indosport
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono. Copyright: © Arif Rahman/Indosport
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono.

INDOSPORT.COM - Manajemen Persib Bandung, memberikan tanggapan mengenai rencana penerapan regulasi atau aturan baru bagi pemain naturalisasi yang akan digunakan mulai kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 mendatang.

Sebagai informasi, sarasehan sepak bola nasional di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (04/03/23) yang dihadiri ketua umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dan perwakilan tim peserta Liga 1 serta Liga 2 menghasilkan beberapa perubahan yang disepakati untuk kompetisi musim depan.

Beberapa perubahan yang disepakati dari sarasehan sepak bola nasional tersebut, diantaranya berkaitan dengan format kompetisi Liga 1 dan regulasi pemain asing serta naturalisasi di musim 2023-2024.

Pada musim 2023-2024, tim peserta kompetisi Liga 1 rencananya hanya bisa menggunakan dua pemain naturalisasi. Saat ini, skuat Maung Bandung memiliki tiga pemain naturalisasi yakni Victor Igbonefo, Marc Klok dan Ezra Walian.

Jika regulasi pemain naturalisasi tersebut diberlakukan pada kompetisi Liga 1 2023-2024, maka akan ada satu pemain yang harus dilepas oleh skuat Maung Bandung.

Menurut Direktur PT Persib Bandung (PBB), Teddy Tjahjono, regulasi terkait pemain naturalisasi tersebut sudah disepakati oleh mayoritas klub peserta Liga 1 dalam sarasehan sepak bola nasional bersama PSSI.

Sehingga, Persib yang memiliki tiga pemain naturalisasi akan berusaha mencari solusi terkait rencana penerapan regulasi dua pemain naturalisasi di kompetisi Liga 1 musim depan.

"Dikarenakan mayoritas klub setuju dengan regulasi maksimal 2 pemain naturalisasi, maka Persib akan mencarikan solusi atas situasi ini," kata Teddy Tjahjono.

Rencananya penerapan regulasi pemain naturalisasi ini, mendapatkan respon dari berbagai pihak, terutama dari pemain naturalisasi itu sendiri yang merasa keberatan jika aturan tersebut diterapkan.

Mereka mengungkapkan perasaannya terkait rencana penerapan regulasi pemain naturalisasi di kompetisi Liga 1 musim depan, melalui akun media sosial.