Liga Indonesia

Liga 1 2023-2024 Pakai Format Baru, Manajemen Persib Sebut 18 Klub Sudah Sepakat

Senin, 6 Maret 2023 13:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (tengah) didampingi petinggi PT PBB, Teddy Tjahjono (kiri) dan Umuh Muchtar (kanan) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (05/02/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (tengah) didampingi petinggi PT PBB, Teddy Tjahjono (kiri) dan Umuh Muchtar (kanan) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (05/02/22).

INDOSPORT.COM - Manajemen Persib Bandung, menuturkan dalam sarasehan sepak bola nasional bersama PSSI, seluruh tim peserta Liga 1 sepakat terkait perubahan format kompetisi pada musim 2023-2024.

Sebagai informasi, dalam sarasehan sepak bola nasional di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (04/03/23), dihadiri ketua umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dan perwakilan tim peserta kompetisi Liga 1 serta Liga 2.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, hasil sarasehan sepak bola nasional ada banyak perubahan yang ditetapkan PSSI dan disepakati klub Liga 1.

Salah satu hasil sarasehan sepak bola nasional, berkaitan dengan format kompetisi Liga 1. Awalnya, PSSI menawarkan dua format Liga 1 2023-2024. Pertama, dengan pembagian tiga grup. 

Kemudian yang kedua, menggunakan format kompetisi penuh seperti tahun sebelumnya. Namun bedanya untuk format kompetisi penuh, bakal ada mini turnamen alias babak play-off antara empat tim teratas klasemen.

Setelah diskusi dengan tim, akhirnya format yang kedua dipilih untuk kompetisi musim depan, yakni kompetisi penuh dengan tambahan adanya putaran final untuk empat tim teratas klasemen.

Manajemen Persib sendiri menurut Teddy, sangat mengapresiasi kegiatan sarasehan sepak bola nasional tersebut.

Karena, dengan adanya kegiatan tersebut, tim peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa berdiskusi dan menyampaikan masukannya agar kompetisi di Indonesia bisa lebih baik lagi. 

"Kami sangat mengapresiasi keterbukaan Ketum PSSI dan jajarannya yang membuka diskusi 2 arah mengenai rencana-rencana masa depan Liga 1, termasuk wacana untuk membuat format kompetisi baru," kata Teddy Tjahjono.

Teddy menambahkan, dalam sarasehan sepak bola nasional tersebut tim peserta kompetisi dan PSSI sudah bersepakat untuk menggunakan opsi kedua pada musim depan.

"Dan berdasarkan keputusan secara bulat dan musyawarah, semua pemilik 18 klub dan PSSI sepakat untuk memilih opsi kedua, yaitu full kompetisi dengan play off untuk 4 besar," jelas Teddy.