Liga Indonesia

Liga 1: Taktik Efektif, Kunci Sukses Persik Kediri Benamkan Barcelona-nya Indonesia

Kamis, 9 Maret 2023 06:03 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Media Officer Persik Kediri
Situasi laga Persib Bandung vs Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1, Rabu (08/03/23). Copyright: © Media Officer Persik Kediri
Situasi laga Persib Bandung vs Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1, Rabu (08/03/23).

INDOSPORT.COM - Persik Kediri membalikkan semua prediksi publik yang lebih menempatkan Persib Bandung sebagai tim unggulan dalam duel di pekan ke-29 Liga 1 2022-2023.

Dua indikasi kuat tercermin di balik penempatan Persib Bandung sebagai unggulan. Materi pemain jelas berbeda secara kualitas dengan Persik Kediri.

Begitu pula dengan peringkat di klasemen Liga 1 2022-2023. Maung Bandung masih menjadi salah satu tim kandidat terkuat juara, sedangkan Macan Putih terus bergelut di papan bawah.

Namun, semua indikasi itu terpatahkan dengan semangat juang tinggi. Persik membuktikan itu melalui kemenangan dengan skor 2-0 di Stadion Pakansari Bogor.

"Saat meeting sebelum laga, saya tekankan untuk konsentrasi. Saya ulang sampai 3 kali," ucap Divaldo Alves dalam post-match press conferrence, Rabu (08/03/23).

Ya, menata konsentrasi tingkat tinggi memang jadi faktor dibalik kesuksesan Persik saat menjungkalkan Persib Bandung di hadapan suporternya.

Selain itu, kunci paling sukses lainnya adalah di segi taktikal. Persik terbukti lebih efektif dalam menerapkan strategi mengandalkan kolektivitas permainan.

"Kita tahu, Persib Bandung ini tim yang kuat di kedua sisi lapangan. Lini depan yang dihuni (David) Da Silva punya finishing yang top," urai Pelatih Persik Kediri tersebut.

"Jadi, kami berusaha menutup dan menghentikan dua lini itu. Pemain mengerti akan tugas itu dan berjalan sukses," sambung dia.

Persik pun berhasil membawa pulang 3 poin ke Kediri, berkat sepasang gol yang dicetak oleh Hamra Hehanusa pada menit 19 dan Mohamad Khanafi menit 88.