Bola Internasional

Waduh! Indonesia Terancam Disanksi FIFA jika Larang Israel Tampil di Piala Dunia U-20

Kamis, 9 Maret 2023 17:40 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Menjadi masalah bagi Indonesia jika melarang Israel tampil di Piala Dunia U-20 karena dapat terancam sanksi dari FIFA. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Menjadi masalah bagi Indonesia jika melarang Israel tampil di Piala Dunia U-20 karena dapat terancam sanksi dari FIFA.

INDOSPORT.COM – Indonesia dibayangi masalah besar jika melarang Israel tampil di Piala Dunia U-20 2023 karena dapat terancam sanksi dari FIFA.

Sekadar informasi, Piala Dunia U-20 2023 sendiri akan dihelat di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang yang akan dihelat di beberapa stadion di Tanah Air.

Sebut saja beberapa venue Piala Dunia U-20 yakni Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang, Stadion Manahan di Solo hingga Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali.

Timnas Indonesia U-20 sendiri sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 karena berstatus sebagai tuan rumah dan menjadi saty-satunya wakil Asia Tenggara.

Selain itu, ada beberapa tim yang telah dipastikan lolos. Di zona CONCACAF sendiri ada Amerika Serikat, Guatemala, Honduras dan Republik Dominika. Sementara Oseana ada Fiji dan Selandia Baru.

Di zona CONMEBOL ada empat tim yang turut lolos kualifkasi Piala Dunia U-20 yakni Ekuador, Brasil, Uruguay dan Kolombia. Menariknya, Argentina gagal terkualifikasi di edisi kali ini.

Sementara itu, salah satu tim yang menuai sorotan usai dipastikan lolos kualifikasi Piala Dunia U-20 adalah Israel yang sukses melaju ke babak semifinal Piala Eropa U-20.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki hubungan yang kurang baik dengan Israel. Oleh sebab itu, besar kemungkinan FIFA menjatuhkan hukuman kepada tuan rumah jika melarang salah satu tim berlaga.

“Peralatan tidak boleh memiliki slogan, pernyataan, gambar politik, agama dan pribadi. Pemain tidak boleh memperlihatkan pakaian dalam yang menunjukkan politik, agama, slogan pribadi, pernyataan atau gambar, atau iklan selain logo pabrikan,” bunyi Aturan Permainan FIFA.

“Untuk pelanggaran apa pun, pemain dan tim akan diberi sanksi oleh penyelenggara kompetisi, asosiasi sepak bola nasional atau FIFA,” sambung peraturan FIFA.