Liga Indonesia

Pelatih Dewa United Sebut Rumput PTIK jadi Biang Keladi Hasil Imbang Lawan Arema FC di Liga 1

Jumat, 10 Maret 2023 23:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Dewa United di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (10/03/2023). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Dewa United di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (10/03/2023).

INDOSPORT.COM - Dewa United bermain imbang 0-0 lawan Arema FC dipekan ke-29 Liga 1 2022/23, Jumat (10/03/23) di Stadion PTIK, Jakarta Selatan. Hasil itu disyukuri tim Tangsel Warrior. 

Dewa United dan Arema FC bermain terbuka sejak babak pertama. Beberapa kali kedua tim menciptakan peluang tapi tak kunjung berujung gol karena penyelesaian akhir yang kurang oke dan apiknya penampilan penjaga gawang dari kedua kesebelasan.

Usai pertandingan, pelatih Dewa United, Jan Ode Riekerink menyoroti kondisi Stadion PTIK yang kurang bagus. Kualitas rumput di bekas kandang Bhayangkara FC itu tidak merata atau ada banyak bagian yang rusak sehingga mengganggu aliran bola. 

Kondisi rumput membuat Dewa United tidak bisa memainkan bola dengan enak dan strategi tim sedikit terganggu, meski menguasai jalannya pertandingan hingga 56 persen (data resmi Liga 1 2022/23).

"Pertama-tama, beberapa hal tentang laga, tentang jadwal yang kita mainkan, kami juga melawan PSM dengan kondisi lapangan yang sama seperti ini dan para pemain kami jadi kesusahan," buka Jan Olde.

"Dengan waktu yang singkat, kami langsung melawan Arema FC dan kami harus bermain lagi tiga hari ke depan. Logis karena kami mendorong pemain bekerja lebih dan wajar saja pemain lelah, karena kualitas lapangan buruk," imbuhnya.

"Bisa dilihat, kondisi lapangan di tengah sangat berat, itulah kenapa saya bangga dengan pemain saya, kami mendominasi laga di sini, terutama dengan Lucas dan Theo yang bisa memanfaatkan ruang," tambah pelatih asal Belanda itu.

"Di babak kedua juga kami meningkatkan aspek menyerang dan kami lebih mendominasi lagi. Semua klub merasakan main di lapangan berat dengan periode berat, banyak peluang yang kami dapat, dan kami hampir memenangi laga, cara main kami sudah baik, tinggal mental pemain yang harus terjaga," lanjutnya.

Pada laga tadi sore, Dewa United lakukan 11 tembakan dengan lima diantaranya on target. Tim promosi itu juga lalukan 389 operan sukses dengan akurasi operan mencapai 84 persen.

Kendati hanya bermain imbang, Jan Olde cukup puas dengan penampilan anak asuhnya. Dia menyoroti winger, Feby Eka baru kembali bermain setelah lama dibekap cedera.