Liga Italia

Napoli vs Atalanta, Big Match yang Harus Partenopei Menangkan Demi Rekor Juara Tercepat Liga Italia

Sabtu, 11 Maret 2023 18:50 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS-Jennifer Lorenzini
Pekan ke-26 Liga Italia (Serie A) 2022/203 dimeriahkan partai antara Napoli vs Atalanta dan laga ini bisa punya imbas besar pada sejarah sepakbola negeri pizza. REUTERS-Jennifer Lorenzini Copyright: © REUTERS-Jennifer Lorenzini
Pekan ke-26 Liga Italia (Serie A) 2022/203 dimeriahkan partai antara Napoli vs Atalanta dan laga ini bisa punya imbas besar pada sejarah sepakbola negeri pizza. REUTERS-Jennifer Lorenzini

INDOSPORT.COM - Pekan ke-26 Liga Italia (Serie A) 2022/203 dimeriahkan partai antara Napoli vs Atalanta dan laga ini bisa punya imbas besar pada sejarah sepakbola negeri pizza.

Andai menang melawan La Dea di hadapan publik mereka sendiri yang memadati Stadio Diego Armando Maradona pada Minggu (12/03/23) dini hari nanti maka Il Partenopei memperbesar peluang mereka untuk jadi tim tercepat yang mampu mengunci gelar juara.

Tambahan tiga poin atas Atalanta akan membuat Napoli semakin kukuh di puncak klasemen sementara dengan 68 poin alias unggul 18 angka dari pesaing terdekat mereka Inter Milan.

Il Nerazzurri baru saja menelan kekalahan mengejutkan 2-1 dari Spezia pada hari ini, Sabtu (11/03/23), dan kesempatan mereka untuk tetap membuat lomba menuju titel Scudetto tetap menarik kian menipis.

Apabila Lazio di peringkat ketiga juga ikut tumbang di tangan Bologna pada hari yang sama, maka keunggulan 18 poin tadi akan tetap bisa dipegang oleh Napoli.

Katakanlah baik Napoli maupun Inter Milan untuk tujuh pekan ke depan akan selalu memenangkan pertandingan mereka masing-masing, dan hasilnya tim asuhan Luciano Spalletti bakal dinobatkan sebagai kampiun Liga Italia 2022/2023 di giornata 32.

Artinya masih ada enam partai lagi yang harus dimainkan sebelum musim benar-benar berakhir. Sejarah mencatat jika belum pernah ada tim Italia yang bisa sedini itu memastikan takhta mereka tidak lagi bisa digoyang sebagai capolista.

Rekor Scudetto tercepat sejauh ini masih dipegang oleh Juventus yakni jadi juara dengan sisa lima pertandingan pada 2018/2019 silam.

Di akhir klasemen, mereka unggul atas Napoli sebanyak 11 poin. Saat itu I Bianconeri masih berada dalam periode pertama rezim kepelatihan Massimiliano Allegri dan Si Biru dipegang oleh Carlo Ancelotti.

Juventus sebenarnya bisa saja menjadi juara sepekan lebih cepat namun Cristiano Ronaldo cs kala itu gagal menggelar pesta usai digebuk SPAL 2-1 usai unggul lebih dulu di pekan ke-32.