Bola Internasional

Menpora Berharap Stadion yang Disiapkan Bisa Digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023

Minggu, 12 Maret 2023 06:44 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, berharap seluruh Stadion yang disiapkan bisa lolos verifikasi dan dapat digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Sebagai informasi, Indonesia selaku tuan rumah menyiapkan enam stadion. Keenam stadion tersebut antara lain, Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Pada Sabtu (11/03/23), Zainudin Amali bersama Ketum PSSI, Erick Thohir, Ratu Tisha (Wakil Ketua Umum PSSI), tim dari Kementerian PUPR, sejumlah anggota exco kembali meninjau venue yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20.

Kunjungan pertama, diawali diawali dengan melihat kondisi Stadion Jakabaring. Kemudian, pada sore harinya rombongan Kemenpora dan PSSI meninjau kesiapan Stadion Si Jalak Harupat.

Pada kesempatan tersebut, Zainudin Amali dan Erick Thohir melakukan inspeksi ke sejumlah titik, antara lain ruang ganti pemain dan perangkat pertandingan, media center, ruang konfrensi pers, area parkir, hingga lapangan pertandingan serta infrastruktur pendukung lainnya.

Pasalnya, pada 21-27 Maret 2023 pihak FIFA bakal melakukan verifikasi ulang terhadap venue yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023. Sehingga, pihaknya ingin memastikan renovasi stadion berjalan dengan baik.
 
"Iya demikian saya dari INAFOC kemudian Pak Ketum Pak Erick LOC. Ada pembagian tugas kita, kalau dari INAFOC tugas ke sini adalah memastikan komitmen pemerintah daerah yang sudah ditandatangani melalui host city agreement, itu dijalankan dengan baik," kata Zainudin Amali.

"Pemerintah Pusat juga ada bagiannya, sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh FIFA, stadion yang akan digunakan U-20 itu sesuai dengan jadwalnya," ucapnya menambahkan.

Menjelang Piala Dunia U-20 2023, pemerintah daerah sudah berkomitmen untuk mendukung dan menyukseskan event sepak bola ini. Sehingga, Zainudin Amali berharap komitmen tersebut bisa dijalankan.

"Itu tujuan kedatangan kami memastikan, karena semua Gubernur, Bupati yang sudah menandatangani host city agreement, itu FIFA pegang apa yang dijanjikan, apa yang sudah dikomitkan, di samping itu pelaksanaan pertandingannya itu di PSSI, LOC," ujarnya.

"Makanya Pak Ketum datang memastikan supaya pertandingan berjalan dengan baik di tempat yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Zainudin Amali berharap, saat FIFA melakukan verifikasi ulang terhadap venue yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023, seluruh Stadion tersebut bisa lolos verifikasi termasuk Stadion Si Jalak Harupat.