Liga Indonesia

Cek Fakta: Benarkah Erick Thohir Deportasi Pemain Naturalisasi Akibat Demo Regulasi Terbaru PSSI?

Jumat, 10 Maret 2023 22:36 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Keterangan Erick Thohir terkait update terkini Piala Dunia U-20 2023. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Keterangan Erick Thohir terkait update terkini Piala Dunia U-20 2023. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Beredar kabar Ketum PSSI Erick Thohir mendeportasi para pemain naturalisasi di Indonesia akibt mendemo regulasi pembatasan pemain keturunan. Begini fakta sebenarnya.

Informasi tersebut disebarluaskan oleh akun YouTube dengan nama channel Kreator Bola pada Kamis (9/3/23).

Dalam video, termuat narasi yang menyatakan bahwa para pemain naturalisasi yang bermain di kompetisi Liga 1 Indonesia berencana melakukakan mogok bermain.

Hal tersebut buntut dari aturan anyar PSSI yang membatasi kuota masing-masing klub Liga 1 dalam merekrut pemain naturalisasi.

Selain itu, narasi dalam unggahan YouTube Kreator Video, mengatakan bahwa Federasi Malaysia siap menampung para pemain naturalisasi yang berada di Indonesia.

Video tersebut sudah ditonton sebanyak 1,4 ribu per Kamis (9/3/23) pukul 19.24, dengan dibubuhi judul:

"PEMAIN NATURALISASI DEMO!! FEDERASI MALAYSIA SIAP TAMPUNG PEMAIN TIMNAS - PSSI MALAH DIAM"

Lantas, bagaimana fakta sebenarnya? Apakah benar pemain naturalisasi di Indonesia benar-benar melakukan demo dan federasi Malaysia siap menampung mereka? Berikut INDOSPORT.com beberkan penjelasannya.

Penjelasan

Persatuan Sepakbola Indonesia (PSSI) 2023-2027 menjelaskan soal regulasi pembatasan pemain naturalisasi masih dalam kajian mendalam.

PSSI sampai saat ini masih menampung pendapat para pemain dan klub-klub Liga 1 dan Liga 2, untuk mencegah terjadinya mislead dalam praktiknya.