Bola Internasional

Update 6 Stadion Piala Dunia U-20 2023: GBK Masalah Rumput, Si Jalak Harupat Masih Dapat Catatan

Senin, 13 Maret 2023 22:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Erick Thohir dan Zainudin Amali saat memantau kondisi Stadion Geloga Bung Karno. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Erick Thohir dan Zainudin Amali saat memantau kondisi Stadion Geloga Bung Karno.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir telah merampungkan tinjauan ke enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2023. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan Gelora Bung Tomo (GBT) dapat acungan jempol.

Stadion GBK jadi venue terakhir yang dikunjungi Ketum PSSI yang juga ketua penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 (LOC). Tidak ada catatan serius dari FIFA, tapi hanya perlu perawatan rumput lapangan.

Pasalnya, rumput GBK tidak dalam kondisi terbaik setelah menggelar dua konser yakni Raisa dan Blackpink. Ada beberapa bagian atau area lapangan yang terlihat menguning bahkan rusak.

"Saya rasa rumput saja dan ini masalah keseriusan kita bekerjasama dan saya yakin di bawah kepemimpinan Pak Heru (Budi Hartono) sebagai PLT Gubernur beliau pasti merupakan kepanjangan tangan yang menjaga daripada harkat dan martabat Jakarta," kata Erick Thohir.

Ketum PSSI meminta GBK dipersiapkan dengan baik karena akan jadi lokasi opening Piala Dunia U-20 2023. Nanti FIFA akan lakukan inspeksi pada 21-26 Maret mendatang, termasuk kelima stadion lainnya.

Secara keseluruhan, Ketum PSSI mengatakan puas dengan progres renovasi stadion untuk event dua tahunan tersebut. Erick Thohir mencontohkan, Stadion GBT yang juga sudah hampir setara GBK.

"Saya rasa progres yang luar biasa. Yang saya cukup kaget, tadi saya sama Pak Zainudin Amali sama Ibu Ratu Tisha lihat persiapan Gelora Bung Tomo yang saya rasa akan menjadi salah satu stadium terbaik di Indonesia karena keseriusan pemerintah daerahnya," ujarnya.

Menurut Erick Thohir, GBT sudah standar internasional dan itu bisa membantu Indonesia jika mau bidding Piala dunia 2034.

"Standar yang kita miliki harus setinggi Gelora Bung Karno semua. Yang sudah ada di Gelora Bung Tomo sudah mulai menyamai. Ini yang harus kita tingkatkan supaya tadi kita punya fasilitas yang mumpuni," jelasnya.