Liga Indonesia

Calon Lawan Timnas Indonesia Tak Dikenal, PSSI Sebut Burundi Bukan Tim Sembarangan

Selasa, 14 Maret 2023 18:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Waketum PSSI, Zainudin Amali soal fifa match day lawan Burundi akan dimainkan tanggal 25 dan 28 Maret di stadion Patriot Bekasi. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Waketum PSSI, Zainudin Amali soal fifa match day lawan Burundi akan dimainkan tanggal 25 dan 28 Maret di stadion Patriot Bekasi.

INDOSPORT.COM - Wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali mengatakan calon lawan Timnas Indonesia di FIFA matchday yakni Burundi pada 25 dandan 28 Maret mendatang bukan tim lemah. Negara asal Afrika itu punya beberapa pemain berkarier di Eropa.

Memang tak banyak tahu tentang Burundi karena merupakan negara kecil negara dengan 27.835 km persegi. Negara yang berbatasan dengan Rwanda, Tanzania dan Republik Kongo itu bahkan jadi salah satu negara termiskin di dunia.

Akan tetapi, secara peringkat FIFA, Burundi lebih unggul ketimbang Timnas Indonesia. Tim tamu berada di ranking 141 FIFA, sedangkan Indonesia diurutan 151.

Waketum PSSI mengatakan, Burundi wajib diwaspadai karena punya beberapa pemain yang berkarir di Eropa. Tim lawan juga akan datang dengan skuad terbaik atau tim senior.

"Konfirmasi bagaimana disampaikan oleh Pak Sekjen PSSI yang akan datang tim senior Burundi dan bahkan Burundi ini bukan tim asal-asal karena 15 pemainnya main di Eropa,” kata Zainudin Amali.

Burundi kini ditangani pelatih lokal, Etienne Ndayiragije. Arsitek berusia 44 tahun itu baru melatih negaranya per 25 Januari 2023 berdasarkan data Transfermarkt.

Untuk lawan Indonesia, Burundi telah mengumumkan akan bawa 30 pemain. Ada nama beken seperti Youssouf Ndayishimiye yang bermain sebagai bek untuk OGC Nice di Liga Prancis.

Ada pula gelandang, Jospin Nshimirimana yang memperkuat Yeni Maltyaspor di Liga Turki. Pemain 21 tahun ini menjadi salah pemain kunci Yeni Maltyaspor pada musim 2022-2023. Tercatat, ia sudah tampil sebanyak 19 kali di semua kompetisi dan baru mencetak 1 gol dan 2 assist.

Ada juga striker Saido Berahino yang diketahui pernah merintis karier di Liga Inggris. Tercatat, ia pernah membela West Bromwich Albion, Brentford, Perborough dan Stoke City. 

Selama 133 penampilannya di Liga Inggris, Saido Berahino sudah membukukan 23 gol dan empat assist. Ada pula bek kiri, Marco Weymans yang saat ini tengah bermain untuk Beerschot, tim divisi kedua Liga Belgia.