Liga Indonesia

Soal Timnas Israel Jadi Peserta Piala Dunia U-20, MUI Mau Tabayyun Dulu

Selasa, 14 Maret 2023 07:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala Dunia U-20 2023. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Keikutsertaan timnas Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia menarik perhatian Majelis Ulama Indonesia (MUI). Wakil Ketua Umum MUI, Marsudi Syuhud, mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini tidak mau terburu-buru mengambil sikap. 

"Kami ingin mendengar terlebih dulu penjelasan dari Menteri Luar Negeri seperti apa," tutur Marsudi Syuhud di Jakarta, Senin (13/3/23). 

Dia menambahkan bahwa pemerintah harus menjelaskan soal posisi Indonesia terhadap keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023

Selain Menteri Luar Negeri, kata Marsudi, MUI juga ingin mendengar keterangan dari Menko Polhukam, Mahfud MD, yang notabene merupakan ahli hukum. Sehingga, diyakini bisa memberikan pandangan luas dari sisi hukum. 

"MUI juga ingin mendengar penjelasan dari Menpora dan PSSI sebagai penyelenggara kejuaraan. Kami ingin tahu dulu aturan penyelenggaraannya seperti apa dan persiapannya bagaimana," tandas Marsudi. 

Tak ketinggalan, pihaknya juga akan mendengar pandangan dari ormas-ormas Islam yang tergabung dalam MUI sebelum memutuskan untuk mengambil sikap tentang Israel. Total terdapat sekitar 77 ormas. 

Forum yang ingin dimanfaatkan untuk mendengar berbagai pandangan diharapkannya berupa rapat gabungan. MUI ingin mengundang berbagai pihak dalam satu forum bersama karena mereka tidak mau terburu-buru dalam mengambil sikap.