Liga Champions

Hasil Liga Champions Manchester City vs RB Leipzig: 5 Gol Haaland Bawa Citizens ke Perempat Final

Rabu, 15 Maret 2023 05:11 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Jason Cairnduff
Erling Haaland jadi lakon utama laga leg kedua 16 Besar Liga Champions antara Manchester City vs RB Leipzig yang digelar Rabu (15/03/23) dengan skor akhir 7-0.
 (Foto: Reuters/Jason Cairnduff) Copyright: © Reuters/Jason Cairnduff
Erling Haaland jadi lakon utama laga leg kedua 16 Besar Liga Champions antara Manchester City vs RB Leipzig yang digelar Rabu (15/03/23) dengan skor akhir 7-0. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM - Erling Haaland jadi lakon utama laga leg kedua 16 Besar Liga Champions antara Manchester City vs RB Leipzig yang digelar Rabu (15/03/23) dengan skor akhir 7-0.

Bomber internasional Norwegia itu mencetak lima gol The Citizens yang tidak hanya meloloskan klubnya ke perempat final saja dengan agregat 8-1 namun juga memecahkan sejumlah rekor luar biasa.

Haaland kini resmi menjadi pencetak gol terbanyak dalam semusim untuk City dengan 39 lesakan. Rekor sebelumnya dipegang pleh Tommy Johnson (38) nyaris satu abad yang lalu.

Opta juga mencatat jika ia adalah pemain termuda (22 tahun) dan tercepat (25 laga) untuk bisa mencetak 30 gol di Liga Champions. Sebelumnya pun hanya ada dua pemain lain yakni Lionel Messi (2012) dan Luiz Adriano (2014) yang bisa menjebol gawang lawan lima kali dalam satu laga kompetisi tertinggi Eropa tersebut.

RB Leipzig sama sekali tidak bisa membendung performanya. Meski ada dugaan jika keputusan wasit berat sebelah dalam partai yang digelar di Etihad Stadium ini, namun Die Roten Bullen tetap kalah kelas di berbagai lini.

Jalannya Pertandingan

Pesta gol Erling Haaland di laga Manchester City vs RB Leipzig bermula dengan hattrick di babak pertama. Gol pembukanya sempat diwarnai kontroversi karena wasit memberikan penalti atas tim tamu meragukan usai Benjamin Heirichs diduga melakukan handball dala situasi sepak pojok.

Namun Haaland tidak peduli. Dari titik putih ia menghujamkan sepakan geledek yang sama sekali gagal digapai kiper Janis Blaswich pada menit ke-20.

Empat menit berselang jala gawang Leipzig bergetar lagi. Leipzig mendapati mereka diserang habis-habisan dan sempat bernafas lega kala sepakan Kevin De Bruyne hanya menghantam mistar namun Haaland dengan sigap melakukan rebound dengan kepalanya.

Di masa injury time babak pertama tiga gol sudah tercetak atas nama Haaland. Ruben Dias pada awalnya berniat menanduk masuk bola kiriman Jack Grealish namun si kulit bundar hanya menerpa tiang dan melayang di atas garis gawang.

Haaland yang lagi-lagi berada dalam posisi tepat langsung mencocok masuk bola meski masih dalam hadangan satu pemain Leipzig.