Liga Indonesia

Jadi Komisaris Bank Mandiri, Waketum PSSI Zainudin Amali: Tak Masalah, tapi Lebih Berat Urus Bola

Sabtu, 18 Maret 2023 13:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Petrus Manus Da' Yerimon
Waketum PSSI, Zainudin Amali. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon
Waketum PSSI, Zainudin Amali.

INDOSPORT.COM - Wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali baru saja ditunjuk sebagai Komisaris Independen PT Bank Mandiri (Persero).

Keputusan itu diambil setelah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar, Selasa (14/03/23) lalu.

Tugas baru Zainudin Amali itu jadi sorotan, lantaran dia juga baru saja mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setelah terpilih jadi Waketum PSSI.

Dikonfirmasi mengenai jabatan baru tersebut, Zainudin menyatakan tidak ada kendala. Ia menjelaskan, pekerjaan baru yang diembannya tidak bertabrakan dengan posisinya sebagai Waketum PSSI. 

"Ya nggak lah (kaget). Inikan penugasan. Kan saya sudah bilang, saya yang penting di tugaskan yang tidak seperti penugasan Menpora yang mengurus semua cabang olahraga, sementara saya sudah mau konsen di salah satu cabor, kan gak fair nantinya," katanya.

Bagi Zainudin Amali, jadi Komisaris Mandiri tidak menyita banyak waktu karena dia tak harus berkantor setiap hari. Ia menegaskan lebih berat mengurus sepak bola Indonesia dibanding jadi Komisaris Mandiri.

"Kalau ada penugasan yang tidak tabrakan, ya tidak masalah, apalagi komisaris kan tidak seperti direksi yang tiap hari. Soal lebih enteng? ya lebih berat urus bola," tuturnya.

Bukan tanpa alasan Zainudin Amali mengatakan lebih berat mengurus sepak bola. Karena ia harus harus belajar hal-hal baru di PSSI.

Ketika melakukan serah terima jabatan Menpora ke Plt sementara Muhadjir Effendy, dua hari lalu, Zainudin Amali mengakui lebih mudah jadi Menpora.

"Walaupun dari olahraga yang besar saya mengecil ke satu cabang olahraga yakni sepak bola. Akan tetapi, setelah beberapa hari, pekerjaan sebagai Menpora masih lebih ringan dibanding mengurus sepak bola," kata Zainudin Amali.