Liga Indonesia

Efek Liga 2 Dihentikan, Gelandang Jebolan Garuda Select Kini Jajal Tarkam

Selasa, 21 Maret 2023 10:01 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© pssi.org
Skuat Garuda Select angkatan pertama. Salah satu pemain yang dikirim ke Inggris adalah Alif Jaelani Ruslan. Copyright: © pssi.org
Skuat Garuda Select angkatan pertama. Salah satu pemain yang dikirim ke Inggris adalah Alif Jaelani Ruslan.

INDOSPORT.COM - Efek kompetisi Liga 2 dihentikan, salah satu gelandang jebolan Garuda Select, Alif Jaelani, kini menjajal turnamen antarkampung alias tarkam.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program pembinaan pemain sepak bola muda Indonesia di Inggris. Setiap pekan, para pemain terpilih akan menjalani uji coba melawan tim-tim Eropa.

Alif Jaelani Ruslan merupakan salah satu alumnus program Garuda Select angkatan pertama, yang menimba ilmu di Inggris pada tahun 2019-2020 silam.

Kala itu, Alif Jaelani lolos seleksi setelah bermain apik bersama akademi Barito Putera di Elite Pro Academy Liga 1.

Ada beberapa momentum di mana Alif berkontribusi memberikan kemenangan pada Garuda Select di Inggris, hingga mendapat pujian dari sang pelatih.

Alif Jaelani juga sempat menuturkan apa saja ilmu dan pengalaman berharga yang ia dapatkan selama merantau ke Inggris.

"Ada banyak yang bisa saya terapkan, bagaimana bertahan dan menyerang saat duel bola atas, dan press lawan sebelum bola di kaki lawan, kita bermain dengan cepat," ungkap Alif kepada INDOSPORT. 

Setelah mendapatkan jam terbang di Inggris, Shin Tae-yong memanggil Alif Jaelani untuk seleksi Timnas Indonesia U-18 dalam persiapan menghadapi Piala Dunia U-20.

Alif Jaelani juga langsung promosi ke tim senior Barito Putera di usia 18 tahun, saat tim Kalimantan ini masih ditukangi oleh Djajang Nurdjaman.

Salah satu yang paling fenomenal adalah ketika Alif Jaelani membobol gawang Arema FC di ajang pramusim Piala Menpora 2021. Ia juga memberi assist hingga Barito menang 2-1.