Bola Internasional

Justin Hubner Dipanggil Timnas Belanda U-20, Begini Respons Berkelas Shin Tae-yong

Selasa, 21 Maret 2023 00:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Shin Tae-yong angkat suara mengenai 'sengketa' antara timnas Indonesia dan Belanda untuk memanggil Justin Hubner ke tim U-20 mereka. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Shin Tae-yong angkat suara mengenai 'sengketa' antara timnas Indonesia dan Belanda untuk memanggil Justin Hubner ke tim U-20 mereka. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong angkat suara mengenai 'sengketa' antara timnas Indonesia dan Belanda untuk memanggil Justin Hubner ke tim U-20 mereka.

Dalam hal ini sang pelatih Merah-Putih coba bersikap netral dan memberikan respon diplomatis. Namun ia tidak lupa memberi sedikit sentilan pada PSSI mengenai proses naturalisasi pemain muda yang bersangkutan.

Nama Justin termasuk dalam 21 pemain yang dipanggil ke Timnas Belanda U-20 untuk uji coba lawan Prancis U-20 pada 25 Maret mendatang di Spanyol.

Di sisi lain, proses naturalisasi Justin menjadi warga negara Indonesia tengah berjalan. Bahkan, permohonan untuk jadi WNI telah disetujui Komisi X dan Komisi III DPR RI pada rapat dengar pendapat, Senin (20/03/23).

Menanggapi situasi tersebut, pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong pun angkat bicara. Dia mengatakan 'masalah' ini sebenarnya tidak akan terjadi apabila naturalisasi Justin sudah rampung.

Tapi, pelatih asal Korea Selatan itu telah berkomunikasi langsung dengan Justin dan pemain Wolverhampton U-21 itu menyatakan tetap mau menjadi WNI dan membela skuad Garuda.

"Bisa terjadi masalah seperti ini karena proses naturalisasi kurang cepat. Tapi saya telepon langsung Justin dua hari lalu, dia masih niat dan mau menjadi WNI," kata Shin Tae-yong.

Juru taktik 52 tahun itu mengaku tidak masalah dengan panggilan Justin ke Timnas Belanda U-20. Yang terpenting adalah PSSI tetap melanjutkan proses naturalisasi agar bek tengah itu tetap bisa membela Timnas Indonesia.

"Jadi walaupun dipanggil Belanda, tidak masalah yang penting kita tetap melanjutkan proses naturalisasi dan saya percaya dia akan datang ke Timnas Indonesia," jelas Shin Tae-yong.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan masalah tersebut masih menunggu semua proses. Secara legal Justin Hubner dikatakan setuju bergabung bersama Indonesia.