In-depth

Flashback 5 Momen Terakhir Timnas Indonesia Lawan Negara Afrika: Burundi Korban Berikutnya?

Rabu, 22 Maret 2023 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga Persahabatan Timnas Indonesia vs Mauritius, Evan Dimas melakukan selebrasi usai mencetak gol. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga Persahabatan Timnas Indonesia vs Mauritius, Evan Dimas melakukan selebrasi usai mencetak gol.

INDOSPORT.COM - Flashback lima momen terakhir timnas Indonesia melawan negara Afrika. Apakah pasukan Shin Tae-yong yakin bisa menekuk Burundi?

Timnas Indonesia akan menjajal salah satu negara Afrika, Burundi, dalam FIFA Matchday kali ini, tanggal 25 dan 28 Maret 2023.

Benua Afrika dikenal sebagai salah satu penghasil bakat sepak bola. Burundi sendiri memiliki ranking FIFA sedikit di atas Timnas Indonesia, yakni peringkat 141.

Berdasarkan catatan sejarah, timnas Indonesia sejatinya bisa memberikan perlawanan pada tim-tim Afrika, meski ada pula beberapa kekalahan yang dirasakan Garuda.

Berikut INDOSPORT merangkum lima catatan sejarah Timnas Indonesia ketika menghadapi lawan asal Afrika.

1. Timnas Indonesia vs Mauritius (2018)

Timnas Indonesia menjamu Mauritius di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada FIFA Matchday 11 September 2018 lalu.

Hasilnya, Timnas Indonesia besutan Coach Danurwindo unggul tipis 1-0 atas Mauritius, berkat gol tunggal Evan Dimas Darmono di menit-menit akhir (90').

2. Timnas Indonesia vs Kamerun (2015)

Timnas Indonesia juga pernah menjamu Kamerun di Gelora Delta Sidoarjo, 25 Maret 2015. Kala itu, Kamerun adalah salah satu kontestan Piala Dunia 2014.

Naasnya, saat itu skuat Garuda baru saja ditinggal oleh pelatih Alfred Riedl. Benny Dollo ditunjuk menjadi pelatih, dan hanya melakukan persiapan selama tiga hari saja.

Kamerun menurunkan delapan pemain yang menjadi tumpuan di Piala Dunia 2014, salah satunya Vincent Aboubakar (FC Porto) yang sukses membukukan gol ke gawang I Made Wirawan. Skor akhir 0-1 untuk Kamerun.