Liga Indonesia

Papua Football Academy, Merintis Peradaban Baru Sepak Bola Papua

Rabu, 22 Maret 2023 16:57 WIB
Editor: Isman Fadil
© Papua Football Academy (PFA)
Kegiatan Papua Football Academy (PFA). Copyright: © Papua Football Academy (PFA)
Kegiatan Papua Football Academy (PFA).

INDOSPORT.COM - Papua Football Academy (PFA) yang dibentuk atas inisiasi PT Freeport Indonesia (PT FI) kini telah berjalan selama hampir 8 bulan sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2022 di Stadion Utama Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Akademi sepak bola yang berpusat di Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah itu diharapkan menjadi cikal bakal peradaban baru sepak bola Papua.

PFA menjadi akademi sepak bola pertama di Tanah Papua. Akademi ini memberikan pendidikan keterampilan dengan berbagai sarana yang dibutuhkan, dari asrama tempat tinggal, ruangan belajar dan rekreasi, lapangan latihan, hingga ruang kebugaran.

Fasilitas penunjang akademi ini sudah memenuhi standarisasi infrastruktur, keamanan dan keselamatan sepak bola berstandar internasional, meliputi asrama seluas 1000 m2, dua lapangan outdoor, dan satu lapangan indoor.

Pelatihan yang diterapkan mempertimbangkan sains olahraga secara menyeluruh, mulai dari aspek teknis sepak bola, analisis, nutrisi, psikologi, fisiologi hingga penanganan cedera.

Siswa yang masuk dalam akademi ini juga dibekali pendidikan formal dan kursus keterampilan seperti kemampuan literasi dan keahlian komputer. Dengan harapan, para siswa PFA tak hanya cakap dalam bermain sepak bola tapi juga berprestasi secara akademik.

PT Freeport Indonesia berkomitmen menjadikan PFA ini sebagai portfolio dan program jangka panjang. Bahkan PT FI terus melengkapi persyaratan standarisasi FIFA.

"PFA ini akan menjadi portofolio baru PTFI. PFA akan menjadi komitmen jangka panjang kami. Freeport Indonesia terus akan mendukung PFA dengan semua fasilitas dan standar yang dipersyaratkan oleh FIFA. Saat ini, kami sudah menerapkan konsep PFA Children Safeguarding,” kata Direktur PT Freeport Indonesia, Claus Oscar Ronald Wamafma.

Saat ini, PFA memiliki 30 orang siswa angkatan pertama yang berasal dari Mimika, Merauke dan Jayapura yang didapat dari hasil pencarian bakat.