Liga Indonesia

Putra Daerah Dirancang Dominasi Persis Solo, Jacksen Tiago Jelaskan Langkah Konkret

Rabu, 22 Maret 2023 09:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Prabowo/INDOSPORT
Direktur akademi Persis Solo, Jacksen F Tiago (Prabowo/INDOSPORT) Copyright: © Prabowo/INDOSPORT
Direktur akademi Persis Solo, Jacksen F Tiago (Prabowo/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo mulai merancang langkah konkret agar putra daerah perlahan mendominasi tim akademi. Laskar Sambernyawa akan memutar kompetisi usia 14 tahun dengan durasi 13 pekan.

Persis Solo tak sekadar berfokus mengembangkan tim senior agar lebih berprestasi. Tim akademinya juga dibina secara rutin dan terencana dengan matang.

Meski kompetisi Elite Pro Academy (EPA) hanya diputar sebentar, namun Persis tetap mengumpulkan para pemain untuk latihan rutin. Mulai dari kelompok usia 14 tahun, 16 tahun, 18 tahun, hingga 20 tahun.

Hanya saja, persentase anak-anak Solo Raya yang masuk ke tim akademi Persis Solo masih terbatas. Padahal, anak-anak inilah yang nantinya dirancang masuk tim senior di masa mendatang.

Makanya, sebuah tahapan akan dilakukan Persis Solo mulai tahun ini. Mereka akan menggembleng para putra daerah agar siap bersaing dengan anak-anak luar kota lewat kompetisi internal.

Direktur Akademi Persis Solo, Jacksen F. Tiago, mengatakan kompetisi usia 14 tahun ini merupakan pilot project untuk langkah yang lebih besar.

"Semua ini bagian dari rencana bos Kaesang, bos Kevin, dan mas Wali. Di masa mendatang tim Persis Solo lebih banyak wajah anak-anak Solo. Kalau bisa merealisasikannya, saya rasa akan menjadi langkah luar biasa," kata Jacksen F. Tiago, Selasa (21/3/23).

Jacksen mengatakan, saat ini anak-anak Solo Raya yang berada di akademi Persis Solo masih di angka 20-30 persen. Secara bertahap akan dinaikkan menjadi 50 persen.

"Kami akan mulai dari kelompok usia 14 tahun. Kompetisi akan berjalan selama 13 pekan. Dari kompetisi ini, semoga tidak perlu seleksi lagi untuk tim usia 14 tahun, karena kami sudah bisa menemukan bakat-bakat potensial," tutur Jacksen Tiago.

"Nanti kalau usia 14 tahun sukses, tinggal orbitkan kompetisi usia 16 tahun, usia 18 tahun dan seterusnya. Kami akan kembali buat kota Solo bergairah dalam sepak bola. Sebuah rencana jangka panjang yang dibuat bos-bos Persis bersama mas Wali," lanjutnya.