Liga Indonesia

3 Pelatih Asing Pendatang Baru Kuasai Liga 1, Seto Puji Bernardo Tavares

Kamis, 23 Maret 2023 19:02 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares (kanan) saat pertandingan Liga 1 melawan Arema FC di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (03/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares (kanan) saat pertandingan Liga 1 melawan Arema FC di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (03/02/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, belajar banyak dari tiga pelatih asing yang menguasai papan atas Liga 1 2022/2023. Bernardo Tavares menjadi salah satu sosok yang strateginya mencuri perhatian.

Seto termasuk sosok yang menyoroti banyaknya pelatih asing yang berkarir di Indonesia. Seto ingin ada regulasi khusus yang mengatur pelatih asing bisa berkarir di liga Indonesia.

Salah satu regulasi yang diinginkan Seto adalah standarisasi pelatih luar negeri. Seto ingin pelatih yang berkarir di Indonesia benar-benar punya pengalaman atau prestasi bagus di negara atau benuanya.

Keinginan yang diungkapkan Seto saat berada di Bandung, 5 Februari 2023 lalu, pada akhirnya terbukti. Tiga pendatang baru yang kini menguasai papan atas Liga 1 sudah punya rekam jejak meyakinkan.

PSM Makassar yang butuh sekali kemenangan untuk jadi juara dibesut Bernardo Tavares. Pelatih asal Portugal ini pernah menjadi bagian dari tim akademi Benfica, Porto hingga Sporting Lisbon. Ia juga pernah merasakan gelar di Maladewa.

Lalu, Thomas Doll yang membesut Persija Jakarta pernah melatih tim-tim kenamaan Eropa, seperti Hamburger SV, Borussia Dortmund, Hannover 96 hingga APOEL. Lalu ketika jadi pemain, dia pernah memperkuat Lazio dan berseragam Timnas Jerman.

Nama terakhir adalah Luis Milla yang menukangi Persib Bandung. Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid ini pernah membawa Spanyol menjadi juara Piala Eropa U-21 2011 dan runner up Piala Eropa U-19 2010.

"Ada sesuatu yang menarik. Saya pribadi sebagai pelatih belajar banyak, tentang bagaimana keputusan dalam bermain, itu menjadi pembelajaran bagi saya," kata Seto Nurdiyantoro.

Pelatih berlisensi AFC Pro ini melihat strategi berbeda yang coba diterapkan Bernardo Tavares, Luis Milla dan Thomas Doll. Ketiganya memberi warna baru dalam pertandingan di Liga 1 2022/2023.

"Buat saya secara pribadi memberi gambaran baru. Mungkin di kompetisi musim depan bisa jadi akan berbeda atau mungkin sama tapi dengan tipikal pemain yang mungkin berbeda," tutur Seto.