Liga Indonesia

Liga 1: Yoyok Sukawi Ungkap Alasan Kuat PSIS Pertahankan Taisei Marukawa

Kamis, 23 Maret 2023 22:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Media PSIS Semarang
Aksi Taisei Marukawa dalam pertandingan Liga 1 antara Persebaya vs PSIS Semarang, Selasa (23/8/22). Copyright: © Media PSIS Semarang
Aksi Taisei Marukawa dalam pertandingan Liga 1 antara Persebaya vs PSIS Semarang, Selasa (23/8/22).

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang menunjukkan keseriusan pada musim depan dengan mempertahankan Taisei Marukawa sebagai andalan. Winger asal Jepang resmi mendapat perpanjangan kontrak hingga akhir musim 2024-2025.

Kontribusi Marukawa bersama PSIS sejatinya mengalami penurunan bila dibandingkan saat memperkuat Persebaya pada Liga 1 2021/222. Dalam 32 pertandingan, Marukawa mencatatkan 17 gol dan sepuluh assist.

Pada musim ini, Marukawa bersama PSIS baru menyumbangkan enam gol dan empat assist. Meski begitu, PSIS tak menaruh kekecewaan yang berlebihan kepada Marukawa.

Winger berusia 26 tahun itu malah mendapat kontrak baru. Tak tanggung-tanggung, Marukawa langsung diberi tambahan kontak dua musim atau hingga musim 2024/2025.

Keputusan perpanjangan kontrak ini diumumkan langsung oleh chief executive officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, Kamis (23/3/23) malam.

"Alhamdulillah hari ini kami umumkan bahwa PSIS telah resmi memperpanjang kontrak Taisei Marukawa selama dua musim ke depan," kata Yoyok Sukawi.

Menurut Yoyok, cara bermain dan kualitas Marukawa sesuai kebutuhan PSIS menatap kompetisi Liga Indonesia 2023/2024. Tak ada alasan bagi PSIS selain memberi kontrak panjang sebelum diserobot tim-tim lain.

"Tentu banyak faktor, salah satunya adalah kebutuhan tim yang masih membutuhkan Taisei Marukawa karena kemampuannya," tutur Yoyok Sukawi.

Jelas sebagai sosok profesional, kata setia saja tidak cukup bagi Marukawa. PSIS juga perlu menggelontorkan dana tak sedikit untuk mempertahankan Marukawa selama dua musim di Semarang.

Di tengah situasi tak mudah, terutama Tragedi Kanjuruhan, PSIS Semarang masih dapat kepercayaan dari sponsor untuk tetap berprestasi pada musim depan.

"Di tengah masa sulit setelah pandemi dan kemudian ada tragedi di persepakbolaan Indonesia, sponsor-sponsor PSIS yang sampai saat ini bertahan tak henti untuk mendukung kami, apalagi ada beberapa sponsor yang juga pergi di tengah masa sulit. Itu salah satu kunci juga kami bisa pertahankan Taisei," jelasnya.