In-depth

Shin Tae-yong dan 2 Pelatih Dunia yang Pernah Minta Pemain Muslim Tidak Puasa di Bulan Ramadan

Kamis, 23 Maret 2023 17:55 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Media Center stadion GBK, Rabu (28/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Media Center stadion GBK, Rabu (28/12/22).

INDOSPORT.COMShin Tae-yong bukanlah satu-satunya pelatih yang pernah menyarankan agar para pemain asuhannya tidak menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengumumkan hasil sidang isbat pada Rabu (22/03/23) dengan agenda penentuan awal puasa di bulan Ramadan yang jatuh pada Kamis (23/02/23).

"Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia, sudah di atas ufuk telah memenuhi kriteria Mabims dan laporan rukyatul hilal," kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam Konferensi Pers Penetapan Awal Ramadhan 1444 H.

"Kita bersepakat secara mufakat 1 Ramadhan 1444 H hari Kamis 23 Maret 2023 masehi," dia melanjutkan.

Menjalankan ibadah puasa yang wajib bagi seluruh umat muslim di dunia, menjadi dilema tersendiri bagi yang berprofesi sebagai atlet olahraga termasuk pesepakbola.

Pasalnya, mereka memiliki agenda pertandingan dan jadwal latihan yang padat. Hal tersebut yang membuat banyak pelatih cukup bingung menyikapinya.

TIdak sedikit pelatih menyarankan agar pemain yang beragama Islam untuk tidak berpuasa dan menggantinya di waktu lain. Salah satunya adalah pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

Pelatih asal Korea Selatan itu meminta agar anak asuhnya di timnas Indonesia tidak berpuasa, karena akan menjalani serangkaian persiapan menghadapi dua kali uji coba melawan timnas Burundi di FIFA Matchday.

Timnas Indonesia akan dua kali berhadapan dengan Burundi di Stadion Patriot pada 25 Maret 2023 dan tiga hari berselang. 

Shin Tae-yong ingin para pemain dalam kondisi yang bugar dan tampil maksimal pada saat Timnas Indonesia berduel melawan Burundi di FIFA Matchday nanti.