In-depth

4 Fakta Mengejutkan Burundi, Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023

Jumat, 24 Maret 2023 00:40 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Timnas Burundi sudah tiba di Jakarta. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Timnas Burundi sudah tiba di Jakarta. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong kini sedang fokus menjalani persiapan jelang bersua Burundi di pertandingan FIFA Matchday Maret 2023.

Laga uji coba bertajuk FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi bakal digelar dalam dua leg yakni 25 dan 28 Maret 2023 di Stadion Patriot, Bekasi.

Kemenangan tentu menjadi target Timnas Indonesia, karena bisa memperbaiki ranking FIFA. Akan tetapi, Shin Tae-yong sempat mengungkapkan kalau dirinya buta kekuatan lawan.

Sejatinya, Burundi bukanlah lawan yang diinginkan oleh Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin agar Timnas Indonesia beruji coba dengan tim ranking 100 besar pada FIFA Matchday.

Sementara itu, Burundi sendiri saat ini menempati peringkat 141 FIFA. Meski begitu, Shin Tae-yong mencoba menerima keputusan PSSI yang akhirnya menjadikannya sebagai lawan di periode Maret 2023 ini.

"Memang saya mintanya lawan dengan ranking 80-100 peringkatnya, dan memang situasi saat ini tak mendukung. Jadi akhirnya Burundi," ujar Shin Tae-yong.

"Jujur, sampai sekarang Saya tak tahu tentang Burundi. Mulai hari ini akan dianalisis," tuturnya menambahkan.

Meski begitu, Timnas Indonesia sendiri akan diperkuat oleh sejumlah pemain andalan. Seperti Elkan Baggott yang sudah bergabung ke dalam pemusatan latuhan.

Bek yang kini membela Cheltenham Town ini sudah ikut latihan di Stadion PTIK, Jakarta Selatan sejak Selasa (21/03/23) lalu. Ia merasa senang kembali ke Timnas Indonesia, setelah absen di Piala AFF 2022.

"Rasanya menyenangkan kembali lagi. Kondisi saya semakin baik dan saya bahagia bisa kembali," ujarnya.

Burundi sendiri memang namanya asing terdengar di telinga para pecinta sepak bola Indonesia. Oleh sebab itu, berikut INDOSPORT telah merangkum empat fakta mengejutkan soal negara dari benua Afrika tersebut.