Liga Inggris

Hola! Man United Kedatangan Pembeli Baru yang Tak Kalah Kaya dari Taipan Qatar dan Jim Ratcliffe

Jumat, 24 Maret 2023 01:18 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Bendera Manchester United di Old Trafford Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Bendera Manchester United di Old Trafford

INDOSPORT.COM - Proses akuisi Man United masih tahap negosiasi sengit. Tapi, muncul sosok pembeli baru yang siap bersaing dengan Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe.

Pembeli baru Man United yang tak kalah kaya itu adalah seorang penguasa asal Finlandia bernama Thomas Zilliacus.

Tak ada hujan atau badai, Thomas Zilliacus tiba-tiba berencana mengajukan tawaran untuk mengakuisisi Man United dari keluarga Glazer.

Sejauh ini hanya dua nama yang menjadi kuat sebagai pemilik baru Manchester United, yakni Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe.

Harta kekayaan keduanya sudah tak diragukan lagi ketika berani mengambil tawaran dari Glazer senilai 6 miliar Pounds (Rp111 triliun) untuk melepas Setan Merah.

Keduanya mendapat tambahan tenggat waktu setelah proposal penawaran tahap pertama ditolak oleh pihak manajemen klub.

Alasannya angka yang tertuang jauh dari harapan keluarga Glazer. Man United memiliki daya jual mahal sehingga pengusaha Amerika Serikat itu membandrol harga tinggi.

Thomas Zilliacus masuk dalam negosiasi sengit tersebut, ia mencoba untuk melunakkan hati Glazer dengan penawarannya. Namun, hingga kini belum diketahui angka pasti yang akan diajukan Zilliacus.

Ia siap mengajukan tawaran melalui XXI Century Capital, sebuah perusahaan investasi yang dimiliki oleh perusahaan induknya, novaM Group..

Setiap klub olahraga pada akhirnya harus menjadi milik para penggemarnya. Perkembangan saat ini, di mana miliarder syekh dan oligarki mengambil alih klub dan mengendalikannya sebagai taman bermain pribadi bukanlah tren yang sehat," katanya,  sebagaimana dikutip dari Mirror, Kamis (23/3/23).