Liga Indonesia

Tampil di Turnamen Pramusim Liga Nusantara, Persipa Pati Punya Target Khusus

Minggu, 26 Maret 2023 22:28 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Instagram/@persipaofficial
Skuat Persipa Pati berdoa sebelum bertanding. Copyright: © Instagram/@persipaofficial
Skuat Persipa Pati berdoa sebelum bertanding.

INDOSPORT.COM - Persipa Pati menyatakan kesiapannya mengikuti turnamen pramusim pada bulan Juni mendatang. Turnamen ini dijadikan ajang membentuk tim kuat menuju Liga Nusantara 2023/2024.

Turnamen pramusim menjadi salah satu hasil pembahasan pada sarasehan sepak bola nasional di Surabaya, 4 Maret 2023 lalu.

Turnamen ini akan digulirkan sebagai jembatan sebelum kompetisi kasta kedua atau musim depan bernama Liga Nusantara digulirkan pada November 2023.

General Manager Persipa, Dian Dwi Budianto, memastikan timnya menjadi salah satu yang mendukung penuh keberadaan turnamen ini. Ada banyak hal positif yang dilihat dari gelaran ini.

"Kalau ada turnamen pramusim, klub-klub bisa membuat tim dengan waktu yang lebih lama. Jadi ini hal yang bagus," kata Dian Dwi.

Persipa punya target khusus ketika tampil pada turnamen ini. Dian menyebut, turnamen ini bisa menjadi bagian dari proses tambal sulam tim menatap musim depan.

"Realistisnya memang sebagai bagian dari tambal sulam tim agar lebih siap untuk Liga Nusantara. Kita cari komposisi yang paling tepat," tutur Dian.

Pada musim depan, Persipa punya rencana untuk mempertahankan 50 persen komposisi musim lalu. Namun, Dian belum menyebutkan nama-nama yang dipertahankan.

Tiga pilar musim lalu yang kemungkinan besar lepas adalah Ripal Wahyudi, Yudi Safrizal dan Muhammad Fahad Abdullah. Ketiganya gabung klub Liga 1 setelah PSSI memutuskan Liga 2 tidak dilanjutkan.

Ripal telah mencatatkan sembilan kesempatan bermain di Liga 1 bersama Bhayangkara FC. Kemudian, Yudi telah bermain satu kali untuk PSIS Semarang. Sementara Fahad sudah main dua kali untuk Persik Kediri.

"Dari skuat musim lalu sekitar 50 persen, karena beberapa sudah dipinang tim Liga 1. Ada yang statusnya lepas, tapi ada juga yang statusnya pinjaman," papar Dian.