Liga Indonesia

Liga 1: Usia Sudah Lewat 20, Persis Solo Pinjamkan Banyak Talenta Muda Musim Depan

Jumat, 24 Maret 2023 09:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persis Solo. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Persis Solo berencana untuk meminjamkan para pemain mudanya musim depan. Beberapa produk binaan yang memiliki usia lebih dari 20 tahun akan 'disekolahkan' ke klub lain.

Persis sejatinya memiliki banyak pemain muda berpotensi. Mayoritas yang ada di tim Persis U-20 pernah menjadi bagian dari timnas kelompok usia muda, seperti Athallah Araihan, Muhammad Nadhif, Rendy Sanjaya, hingga Wahyu Agong.

Namun, beberapa penghuni Persis U-20 ternyata akan memiliki usia lebih dari 20 tahun pada musim depan. Makanya, rencana paling realistis untuk mengembangkan bakat mereka adalah dengan meminjamkan ke klub lain.

Pelatih Persis Solo U-20, Andri Ramawi, mengatakan tim pelatih telah memetakan nama-nama yang tak lagi bisa mengikuti event untuk usia di bawah 20 tahun.

"Ada beberapa pemain yang usianya tidak masuk (U-20) lagi. Jadi, kita harus merencanakan pemain yang masuk Elite Pro Academy dan tidak bisa masuk," kata Andri Ramawi, Rabu (23/3/23).

"Kemungkinan besar yang tak ikut akan coba dipinjamkan karena pemain-pemain inilah yang berpotensi untuk gabung tim senior (Persis Solo)," lanjut Andri.

Sebelum mengantongi tiket promosi, seperti Zanadin Fariz, Althaf Indie, hingga Erlangga Setyo, para pemain Persis U-20 akan coba ditempatkan di tim lain.

Cara ini sudah dilakukan ketika meminjamkan Yussa Nugraha ke tim Liga 2, Nusantara United FC. Di sana, Persis Solo turut meminjamkan Ilham Fathoni, Sunawan Rusni, Fikri Adriansyah, dan Firmansyah.

"Mereka butuh menit bermain, meski tak di tim senior Persis Solo. Ketika berada di tim lain, kualitas bisa meningkat jika bertanding dalam satu event kompetisi," papar Andri Ramawi.