Bola Internasional

4 Negara ASEAN yang Pernah Tampil di Piala Dunia U-20, Indonesia Hampir 2 Kali!

Senin, 27 Maret 2023 18:08 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala Dunia U-20 2023. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM – Melihat deretan negara Asia Tenggara (ASEAN) yang pernah merasakan tampil di Piala Dunia U-20, di mana Indonesia menjadi tim yang paling sering berpartisipasi!

Piala Dunia U-20 merupakan ajang dua tahunan yang diselenggarakan FIFA untuk menjaring bakat-bakat muda di seluruh dunia.

Pertama kali ajang ini digelar pada 1977 silam dengan nama FIFA World Youth Championship. Nama ini terus dipakai hingga tahun 2005.

Terhitung sejak 2007, induk sepak bola dunia itu mengubah namanya menjadi Piala Dunia U-20 dan terus dipakai hingga saat ini.

Sepanjang perhelatannya sejak era 70 an silam, banyak bintang-bintang sepak bola lahir dari gelaran Piala Dunia U-20 ini.

Sebut saja Diego Maradona, Lionel Messi, Sergio Aguero, hingga Erling Haaland. Semua pemain top ini lahir dari Piala Dunia U-20.

Berbeda dengan Piala Dunia untuk tim senior, Piala Dunia U-20 ini tak hanya diikuti oleh tim-tim besar di dunia sepak bola.

Beberapa negara-negara yang bahkan tak pernah lolos Piala Dunia atau negara-negara kecil, bisa mengirim para pemain mudanya tampil di ajang ini.

Negara-negara kecil ini bahkan beberapa di antaranya adalah negara Asia Tenggara atau ASEAN yang tak pernah diperhitungkan di dunia sepak bola.

Melihat fakta tersebut, negara ASEAN mana saja yang pernah tampil di Piala Dunia U-20? Berikut rangkuman INDOSPORT.