In-depth

Deretan Aksi Boikot Israel di Olahraga, Terbaru Piala Dunia U-20 di Indonesia

Senin, 27 Maret 2023 15:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© instagram.com/israel_football_association/
Lolos Piala Dunia U-20, 3 Bintang Israel yang Bisa Jadi Sorotan Saat Bertemu Timnas Indonesia Copyright: © instagram.com/israel_football_association/
Lolos Piala Dunia U-20, 3 Bintang Israel yang Bisa Jadi Sorotan Saat Bertemu Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM – Aksi boikot terhadap Israel menyeruak jelang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Aksi ini menambah panjang daftar boikot terhadap negara itu di olahraga.

Aksi boikot terhadap Israel ini sendiri datang setelah negara dengan bendera bintang daud itu lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.

Tiket kelolosan tersebut didapatkan Israel usai menjadi semifinalis Euro U-19 yang berlangsung pada 2022 lalu, bersama dengan Inggris, Prancis, dan Italia.

Keberhasilan ini menjadi sejarah bagi Israel, mengingat untuk pertama kalinya tim nasional berjuluk The Blue and Whites itu tampil di ajang ini.

Namun, sejarah bagi Israel ini terancam, menyusul adanya boikot dari Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Aksi boikot ini datang dari berbagai elemen, termasuk pemerintahan sendiri, di mana Gubernur Bali dan Gubernur Jawa Tengah secara tegas menolak kedatangan Israel ke Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

Adapun penolakan ini datang karena berbagai faktor. Salah satunya adalah tak sesuai dengan UUD 1945 dan juga berkaca pada fakta bahwa Indonesia tak mengakui eksistensi Israel.

Aksi boikot atau penolakan ini pun menjadi perdebatan di kalangan masyarakat Tanah Air. Apalagi, hal ini berkaitan dengan kemungkinan Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia U-20 2023 sebagai tuan rumah.

Sebagian ada yang mendukung aksi boikot tersebut, sebagian lainnya ada yang menolak karena alasan olahraga yang tak boleh dicampuradukkan dengan politik.

Berkaca dari polemik saat ini, ada beberapa negara yang ternyata juga pernah melakukan aksi boikot terhadap Israel di kancah olahraga. Negara mana saja itu?