Bola Internasional

Ada Qatar dan Argentina, Ini 6 Negara yang Siap Gantikan Indonesia jadi Hots Piala Dunia U-20 2023

Senin, 27 Maret 2023 05:26 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Indonesia terancam akan dicabut haknya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah dari Piala Dunia U-20 2023 usai kontroversi sikap terhadap tim Israel. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Indonesia terancam akan dicabut haknya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah dari Piala Dunia U-20 2023 usai kontroversi sikap terhadap tim Israel.

INDOSPORT.COM - Indonesia terancam akan dicabut haknya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah dari Piala Dunia U-20 2023 usai kontroversi sikap terhadap tim Israel.

Penolakan terhadap kedatangan tim nasional U-20 Israel untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023 dari sebagian penduduk Indonesia rupanya berbuntut panjang.

Saat ini dilaporkan sederet kerugian besar baik dari segi materi maupun non-materi telah menanti.

Yang pertama adalah hujatan yang diterima dari berbagai belahan dunia pasca protes mengenai Israel membuat FIFA harus menunda pengundian babak grup meski kompetisi harusnya sudah akan berjalan pada 20 Mei mendatang.

Indonesia bersama federasi sepakbolanya, PSSI, dianggap tidak becus dan siap dalam menggelar ajang besar seperti Piala Dunia U-20.

Hal itu belum seberapa. PSSI dari situs resmi mereka juga mengabarkan bahwa hukuman pembekuan seperti di era 2015-2016 lalu juga bisa kembali terulang.

Selain tidak bisa menggelar liga, timnas Indonesia di berbagai level pun dipastikan dilarang untuk mengikuti agenda yang berada di bawah wewenang FIFA.

Untuk saat ini kemungkinan terburuk adalah dicabutnya hak Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Selain menodai reputasi negara, investasi yang sudah dilakukan juga bisa menjadi sia-sia.

Belum diketahui secara pasti apakah memang FIFA berniat demikian namun yang jelas sejumlah negara akan bersiap untuk menjadi penyelenggara pengganti.

Menurut kami setidaknya ada enam negara yang bakal punya peluang untuk menjadi serep terutama mereka yang bersama Indonesia mengikuti bidding tuan rumah pada 2021 silam.