Liga Indonesia

Liga 1: Barito Putera Perpanjang Rekor Buruk PSIS Semarang, RD Bongkar Rahasianya

Senin, 27 Maret 2023 12:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Media Officer Barito Putera
Barito Putera sukses membekuk PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 1 2022-2023, Minggu (26/03/23) dan pelatih Rahmad Darmawan bongkar rahasianya. Copyright: © Media Officer Barito Putera
Barito Putera sukses membekuk PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 1 2022-2023, Minggu (26/03/23) dan pelatih Rahmad Darmawan bongkar rahasianya.

INDOSPORT.COM - Barito Putera sukses membekuk PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 1 2022-2023, Minggu (26/03/23). Pelatih Rahmad Darmawan membongkar rahasianya.

Bertanding di Stadion Demang Lehman, Martapura, Barito Putera sukses meraih kemenangan 3-0 atas PSIS Semarang.

Gol dicetak oleh Eksel Runtukahu pada babak pertama (29'), kemudian Gustavo Tocantins di babak perpanjangan waktu (45+3'), dan Rizky Pora di pengujung babak kedua (85').

Hasil ini tidak disangka-sangka, karena sebelumnya saat tim melakukan simulasi bertanding, Barito Putera mengira PSIS Semarang menerapkan formasi 4-3-3.

Pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan mengaku anak asuhnya sempat kesulitan karena ada perubahan formasi tim lawan, tetapi pelan-pelan bisa beradaptasi.

"Dalam simulasi kemarin, kita tidak melihat PSIS Semarang melakukan perubahan formasi bermain, ternyata mereka hari ini bermain dengan formasi 3-4-3," kata RD.

"Sempat ada kekakuan di lini tengah kita dan menghadapi off play dari prediksi kita. Setelah 15 menit itu, kita bisa mengatasi dan keluar untuk menyerang tim lawan," ujarnya.

Berkat kerja keras para pemain di lapangan, juga dukungan suporter yang memadati stadion meski laga digelar pukul 21.30 WITA, Barito akhirnya berhasil memetik tiga poin.

"Motivasi mereka harus diapresiasi. Saya harap motivasi ini harus tetap terjaga di tiga pertandingan terakhir," kata pelatih Rahmad Darmawan.

"Terima kasih juga suporter yang banyak ke stadion dan ini memberikan semangat lebih untuk pemain kita," tuntas mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut.