Liga Indonesia

Siapa Yesayas Oktavianus, Sosok yang Bocorkan Informasi Mahal Piala Dunia U-20

Selasa, 28 Maret 2023 09:19 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Yesayas Oktavianus jadi perbincangan setelah dirinya berhasil membocorkan informasi mahal dari FIFA soal negara mana yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Yesayas Oktavianus jadi perbincangan setelah dirinya berhasil membocorkan informasi mahal dari FIFA soal negara mana yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

INDOSPORT.COM - Yesayas Oktavianus jadi perbincangan setelah dirinya berhasil membocorkan informasi mahal dari FIFA soal negara mana yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Belakangan sepakbola Indonesia dihebohkan dengan adanya penolakan keikutsertaan Timnas Israel dalam gelaran Piala Dunia U-20.

Akibatnya, status Indonesia sebagai tuan rumah terancam dicabut oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Sanksi ini semakin mengerucut setelah anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengumumkan bahwa drawing Piala Dunia U-20 dibatalkan.

Drawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya dilaksanakan pada Jumat (31/3/23) mendatang resmi dibatalkan oleh FIFA. Pembatalan ini tidak lepas dari penolakan kedatangan Timnas Israel.

"Saat ini kami sedang pikirkan cara supaya Indonesia khususnya sepak bola Indonesia tidak dikucilkan di dunia," kata Arya di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Minggu (26/3/23).

Seiring dengan hal itu, muncul kabar bahwa Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA) disebut-sebut menawarkan diri untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Informasi tersebut berawal dari unggahan seorang jurnalis yang kabarnya dekat dengan AFA, Gaston Edul.

"Piala Dunia U-20 di Indonesia harus dimainkan bulan Mei. Untuk alasan non sepakbola (politik) pengundian ditunda, jika tidak bisa dilakukan di Indonesia. AFA bisa menominasikan Argentina sebagai tempat yang memungkinkan," kata Gaston melalui akun Twitter-nya, Senin (27/3/23).

Terbaru, wartawan senior olahraga asal Indonesia, Yesayas Oktavianus mengaku sudah mendapatkan informasi negara yang ditunjuk sebagai pengganti Indonesia.

Dalam sebuah podcast, Yesayas mengatakan bahwa FIFA telah menunjuk negara Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Lantas, siapa sosok Yesayas Oktavianus yang berhasil mendapatkan informasi mahal tersebut? Berikut profil lengkapnya.