Liga Indonesia

Tim Pelatih Persib Nilai Pemain Tak Kesulitan Berlatih di Bulan Ramadan

Selasa, 28 Maret 2023 22:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Arif Rahman/Indosport
Persib latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23). Copyright: © Arif Rahman/Indosport
Persib latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya, menilai pemain tidak kesulitan menjalankan program latihan yang diberikan oleh tim pelatih di bulan Ramadan 1444 Hijriah/2023.

Menurut Yaya, mayoritas pemain terutama lokal sudah terbiasa beraktivitas di bulan Ramadan. Pasalnya, pada beberapa musim sebelumnya mereka sudah sempat berlatih maupun bertanding di bulan puasa.

Sebagai informasi, memasuki bulan Ramadan 1444 H tim Persib tetap berlatih, pasalnya skuat Maung Bandung memiliki lima jadwal pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023, yakni menghadapi Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Persis Solo, Persita Tangerang dan Persikabo 1973.

Lebih lanjut Yaya menuturkan, tim pelatih Persib mempersiapkan program dan waktu yang tepat, agar pemain merasa nyaman menjalankan program latihan di bulan Ramadan. Diantaranya waktu latihan disesuaikan dengan program yang akan diberikan.

"Saya pikir pemain tidak akan kesulitan, karena para pemain lokal muslim sudah sharing sama mereka dan mereka menyadari, kemudian siap kalau memang latihan misalnya sore atau malam, cuman kita antisipasi atau memainkan timing yang tepat untuk program latihan sore atau malam," kata Yaya Sunarya.

Yaya menuturkan, jumlah libur yang diberikan kepada pemain usai melakoni pertandingan tidak mengalami perubahan, sama seperti sebelum bulan Ramadan, yakni satu sampai dua hari.

Waktu libur tersebut, diberikan kepada Achmad Jufriyanto dan kawan-kawan agar mereka bisa beristirahat usai melakoni pertandingan yang cukup melelahkan di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Apalagi, saat ini di sisa pertandingan putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 tim kebanggaan Bobotoh melakoni pertandingan kandang di luar Bandung, yakni Stadion Pakansari, Bogor. 

"Di masa kompetisi setelah hari H atau pertandingan, kita akan meliburkan satu hari, biasanya seperti itu, kemungkinan tidak akan berubah dan sudah disiapkan oleh coach Milla," jelasnya.

Persib sendiri sudah melakoni pertandingan perdana di bulan Ramadan, menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (24/3/2023) dan berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1. Usai melakoni laga tunda Liga 1 2022-2023 tersebut, skuat Maung Bandung mendapatkan libur selama dua hari.