Bola Internasional

Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20, Novel Bamukmin 'Diceramahi' Pengamat Sepak Bola

Rabu, 29 Maret 2023 18:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Wolfgang Rattay
Tolak Timnas Israel main di Piala Dunia U-20 2023, Novel Bamukmin dari Persaudaraan Alumni 212 kini malah 'diceramahi' pengamat sepak bola. Copyright: © REUTERS/Wolfgang Rattay
Tolak Timnas Israel main di Piala Dunia U-20 2023, Novel Bamukmin dari Persaudaraan Alumni 212 kini malah 'diceramahi' pengamat sepak bola.

INDOSPORT.COM - Tolak Timnas Israel main di Piala Dunia U-20 2023, Novel Bamukmin dari Persaudaraan Alumni 212 kini malah 'diceramahi' pengamat sepak bola.

Belakangan, gelombang penolakan Timnas Israel bermain di Piala Dunia U-20 2023 semakin memanas. Bahkan, Indonesia terancam batal jadi tuan rumah.

Salah satu pihak yang menolak kehadiran Israel di Indonesia adalah Persaudaraan Alumni 212. Humas kelompok tersebut, Novel Bamukmin, hadir dalam diskusi terbuka yang diwadahi oleh TV One.

"Ini sangat berbahaya, sama juga kita mendukung terorisme, mendukung pembunuhan. Ini pengkhianatan terhadap negara, pengkhianatan terhadap Pancasila, pengkhianatan terhadap Undang-Undang."

"Kalau mau memaksakan mendatangkan Israel, orang jangan tinggal di sini, silahkan tinggal di Israel saja," kata Novel Bamukmin.

Di sisi lain, hadir pengamat sepak bola dan koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali. Ia pun menunjukkan data-data atlet Israel yang pernah main di Indonesia.

"Kalau kemudian Pak Novel Bamukmin bilang kita belum ngeh, baru kemarin kok Februari atlet Mikhail Yakovlev di Velodrome Jakarta," ungkap Akmal Marhali di TV One.

"Kemudian bulan Januari atlet menembak dari Israel, kemudian panjat tebing, panjat dinding," lanjut Akmal Marhali lagi.

"Kemudian Inter-Parliamentary Union pada tanggal 20-24 Maret 2022, kalau mau bicara soal politik yang tepat adalah di sana yang paling pas, bukan di sepak bola," ujarnya.