Bola Internasional

Tak Ada Israel, Tragedi Kanjuruhan Jadi Fokus FIFA Dalam Pembatalan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kamis, 30 Maret 2023 01:36 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala Dunia U-20 2023. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM – Tragedi Kanjuruhan kembali menjadi fokus FIFA, selepas pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Kabar mengejutkan hadir pada hari Rabu (29/03/23) malam WIB manakala FIFA resmi membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Hal ini terlihat dari rilis FIFA yang menyebut dengan gamblang perihal keadaan terkini yang kemudian menyebabkan pencopotan Indonesia.

“Setelah pertemuan antara Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Asosiasi sepak bola Indonesia (PSSI), Erick Thohir, FIFA memutuskan dengan keadaan terkini mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tulis FIFA.

Selain menyebut putusan tersebut, FIFA juga menulia adanya sanksi yang akan diberikan ke PSSI, selain juga akan mengumumkan tuan rumah pengganti secepat mungkin.

Hanya saja, dalam rilisnya, FIFA menyebut kembali soal tragedi Kanjuruhan yang menjadi salah satu noda sepak bola Indonesia beberapa waktu belakangan.

Otoritas sepak bola dunia ini menulis bahwa selepas pengambilan keputusan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, ada kerja sama yang akan dilakukan.

Pasalnya, ada proses transformasi sepak bola Indonesia yang sudah dijanjikan kepada Indonesia dan ada dukungan pada Presiden Joko Widodo mengenai hal tersebut.

“FIFA akan berkomitmen untuk membantu PSSI dan pemerintahan Presiden Joko Widodo, terkait proses sepak bola Indonesia selepas tragedi yang terjadi pada Oktober 2022,” tulis FIFA.

“Anggota dari FIFA akan secara terus-menerus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan guna memberikan asistensi pada PSSI yang dipimpin oleh Erick Thohir,” imbuhnya.