Bola Internasional

Banyak Pemain Muslim, Wasit Laga Niger vs Aljazair Berikan Jeda untuk Buka Puasa Makan Kurma

Jumat, 31 Maret 2023 01:21 WIB
Editor: Juni Adi
© Picture Alliance/GettyImages
Ekspresi kegembiraan Timnas Aljazair saat mereka memastikan diri menjadi juara Piala Afrika 2019 usai bekuk Senegal Copyright: © Picture Alliance/GettyImages
Ekspresi kegembiraan Timnas Aljazair saat mereka memastikan diri menjadi juara Piala Afrika 2019 usai bekuk Senegal

INDOSPORT.COM - Pertandingan antara Niger vs Aljazair di kualifikasi Piala Afrika 2024 harus dihentikan sementara oleh wasit untuk memberikan kesempatan buka puasa kepada pemain muslim.

Kompetisi sepak bola di beberapa negara saat ini harus mengalami jeda karena terdapat agenda pertandingan internasional resmi FIFA atau FIFA Matchday pada bulan Maret 2023.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh banyak negara untuk menggelar pertandingan uji coba ataupun melakoni laga kualifikasi demi mendulang poin agar bisa mendongkrak posisi mereka di ranking FIFA.

Salah satunya pertandingan antara Niger vs Aljazair di Stadion Stade Olympique de Rades, Senin (27/03/23) lalu. Pertandingan itu merupakan kualifikasi Piala Afrika dari Grup F.

Bagi para pemain Aljazair pertandingan ini cukup berat karena hampir seluruh pemain yang bertanding sedang menjalani ibadah puasa Ramadan, lantaran seperti kita ketahui Aljazair adalah negara dengan mayoritas beragama Islam.

Meski begitu rupanya puasa tidak menjadi halangan bagi para pemain terutama yang muslim untuk bisa tampil baik untuk negaranya.

Tidak hanya pemain dari Aljazair terdapat juga beberapa pemain muslim dari Niger. Banyak pemain muslim yang bertanding dengan kondisi puasa, membuat wasit harus menghentikan pertndingan sementara waktu.

Hal itu terjadi di menit ke-77 ketika adzan magrib berkumandang. Wasit langsung menuip peluit untuk memberikan kesempata para pemain berbuka puasa di pinggir lapangan.

Menariknya, dalam cuplikan pertandingan Niger vs Aljazair tersebut, kurma menjadi pilihan santapan berbuka oleh para pemain. Terlihat para pemain Aljazair mengambil sejumlah kurma dari pinggir lapangan.

Bagi umat muslim, memakan kurma saat berbuka puasa merupakan sunah dari Rasulullah. Setelah menyantap kurma, laga Niger vs Aljazair kembali dilanjutkan.